Tips Memilih Jasa Peminjaman Uang untuk Mahasiswa

Cara Mudah Kredit Tanpa Kartu Kredit
March 8, 2016
Jasa Pinjaman Uang Tunai Tanpa Jaminan
March 9, 2016

Tips Memilih Jasa Peminjaman Uang untuk Mahasiswa

Semakin tinggi status atau kedudukan seseorang, maka kebutuhannya pun juga akan semakin tinggi. Lain siswa SD lain pula mahasiswa. Dahulu, ketika kita masih SD maka kebutuhannya masih kecil, hanya untuk jajan dan kebutuhan sekolah sudah dibiayai oleh orang tua. Sedangkan, kebutuhan mahasiswa lebih banyak lagi, terlebih jika seorang mahasiswa kuliah di luar daerahnya sehingga mengharuskannya untuk nge-kost. Mengatur pengeluaran sangat diperlukan agar mahasiswa tidak kehabisan uang pada akhir bulan. Meskipun demikian, terdapat jasa peminjaman uang untuk mahasiswa yang bisa dimanfaatkan ketika kita memerlukan biaya kuliah.

Adanya penyedia jasa peminjaman uang bukan berarti kita bisa meminjam uang tanpa prioritas. Sebelum meminjam uang, lebih baik kita memperhatikan hal-hal berikut ini:

Baca juga jasa pinjaman uang tunai cepat

  1. Prioritaskan kebutuhan
    Kebutuhan mahasiswa sangatlah bervariasi, mulai dari kebutuhan makan, membayar kost, membeli buku, sampai bayaran uang kuliah. Namun, tak semua kebutuhan harus terpenuhi saat itu juga. Sebelum memutuskan untuk meminjam uang, lihatlah terlebih dahulu seberapa penting kebutuhan tersebut. Apabila kebutuhan itu masih bisa ditunda, artinya tidak harus terpenuhi saat itu juga maka Anda bisa berpikir lagi untuk meminjam uang. Namun, jika kebutuhan itu harus terpenuhi saat itu juga, seperti biaya kuliah yang memiliki waktu tenggang maka meminjam uang akan membantu.
  2. Cari alternatif lain terlebih dahulu
    Sebelum memutuskan untuk meminjam uang pada penyedia jasa pinjaman uang tunai tanpa jaminan, akan lebih baik jika kita mencari alternatif lain terlebih dahulu. Apabila keperluan uang yang dibutuhkan tidak terlalu besar, maka kemungkinan teman atau saudara dapat membantu kita. Hal ini dikarenakan, meminjam uang pada teman atau saudara sendiri akan lebih mudah dalam jangka waktu pembayaran dan lebih fleksibel. Namun, jika segala cara tidak dapat dipenuhi maka datang pada penyedia jasa uang mungkin yang terbaik.
  3. Lihatlah kemampuan
    Maksud dari kemampuan ini adalah kemampuan kita dalam hal ekonomi. Setiap penyedia jasa pinjaman uang bunga ringan menawarkan bunga masing-masing. Pastikan bahwa angsuran yang diberikan bisa kita bayar dengan tepat waktu. Kita harus menghitung-hitung pengeluaran dan pemasukan agar dapat meramalkan berapa uang yang harus kita tabung untuk melunasinya.

Terdapat tiga jenis kebutuhan yang harus diketahui, yakni kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Sebagai seorang mahasiswa yang hidup jauh dari orang tua harus pintar memilah kebutuhan secara prioritasnya. Selama masih memiliki keleluasaan dalam hal ekonomi, menabung adalah salah satu cara untuk mengatasi kebutuhan mendadak.

Kebutuhan tertentu memang tidak dapat dihindari sehingga harus dipenuhi saat itu juga. Hal inilah yang sering mendorong para mahasiswa untuk meminjam uang jasa peminjaman uang untuk pelajar. Apabila uang tersebut digunakan untuk kebutuhan mendasar maka tidak akan menjadi masalah. Berbeda jika hanya untuk menuruti keinginan saja.

Saat ini, makin banyak jasa peminjaman uang perorangan yang menawarkan berbagai manfaat bagi kita. Namun, kita harus berhati-hati pada penyedia jasa yang meminjamkan uang dengan tawaran berbagai fasilitas lain yang tidak masuk akal. Mungkin saja jasa tersebut merupakan penipuan yang harus diwaspadai.

Sekarang ini, banyak yang menyediakan jasa peminjaman uang sehingga kita harus lebih selektif dalam pemilihannya. Berikut ini adalah beberapa tindakan yang bisa dilakukan dalam memilih jasa peminjaman uang, yakni:

  1. Mencari informasi dari website
    Perkembangan teknologi membuat semakin banyak kegiatan yang bisa kita lakukan melalui jaringan internet. Banyak jasa peminjaman uang yang menyediakan layanan secara online sehingga kita bisa mendatangi websitenya. Kumpulkan sebanyak-banyaknya informasi mengenai setiap jasa, paling tidak tiga jasa sebagai perbandingan. Selain itu, testimoni dalam website juga bisa menjadi pertimbangan.
  2. Tanya teman
    Saringlah permasalah pada teman yang terpercaya, siapa tahu mereka memiliki informasi berharga mengenai jasa peminjaman uang.
  3. Bandingkan
    Setelah mencari informasi dari beberapa penyedia jasa, maka bandingkanlah antara mereka. Hal-hal yang bisa kita bandingkan adalah pengalaman, bunga, syarat atau prosedur yang berlaku.
  4. Datang dan tanya langsung
    Berdasarkan informasi dari website dan teman maka carilah alamat penyedia jasa yang terpilih. Tanyakan langsung pada perusahaan mengenai beberapa hal penting, seperti prosedur yang berlaku.

Demikian beberapa informasi tips memilih jasa peminjaman uang untuk mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *