Pendaftaran Jalur Mandiri di Kampus Negeri

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Impian
October 10, 2016
Harga Kawasaki Ninja R Terbaru
October 11, 2016

Pendaftaran Jalur Mandiri di Kampus Negeri

 

Dapat berkuliah di perguruan ternama menjadi keinginan bagi sebagian besar orang karena dengan ilmu yang diperoleh di universitas tersebut, dapat dikembangkan dan dimanfaatkan tidak hanya untuk diri sendiri namun juga orang lain. Di Indonesia, banyak perguruan tinggi negeri yang menggelar tes masuk sendiri atau yang dikenal dengan jalur mandiri ptn tanpa tes untuk menyeleksi calon mahasiswa yang layak untuk menjadi mahasiswa di kampus tersebut. Pendaftaran jalur mandiri saat ini dilakukan lewat cara online selain mengurangi antrian mendaftar, proses pendaftaran tersebut juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Setelah Anda mendaftar dan menyerahkan berkas yang ditentukan, Anda nantinya akan mengetahui letak dimana Anda nantinya akan melakukan ujian misalnya di fakultas teknik atau di fakultas bahasa di universitas tempat Anda mendaftar tersebut. Terdapat beberapa tips untuk Anda ketika menghadapi ujian mandiri adalah pertama, berdoa. Banyak-banyak berdoa dan menenangkan diri sehingga pikiran Anda tidak dipengaruhi oleh pikiran yang negatif seperti ‘soalnya susah tidak ya?’. Anda harus percaya diri dan tenangkan hati dan pikiran Anda sehingga nantinya Anda dapat berfikir jernih.

Baca Juga Biaya Kuliah Universitas Pelita Harapan

Kedua adalah rajin untuk mengerjakan soal yang sebelumnya pernah dikeluarkan di ujian mandiri. Walaupun soalnya berbeda namun konsep atau dasar dari soal tersebut sebagian besar sama, terlebih untuk soal matematika dan IPA, yang berbeda mungkin hanya angka dan kata-kata yang tidak jarang membuat Anda bingung untuk merumuskan atau menulis solusi dari soal tersebut. Anda dapat mengumpulkan soal dari buku yang dapat Anda beli di toko buku atau soal dari internet.

Ketiga adalah jangan lupa untuk meminta restu orang tua. Sama halnya ketika Anda meminta pertimbangan kepada orang tua sebelum melakukan pendaftaran jalur mandiriAnda harus meminta doa dari orang tua Anda terutama ibu karena doa orang tua berpengaruh besar pada kelancaran Anda saat menghadapi ujian. Dengan restu tersebut, juga dapat memberikan Anda motivasi yang lebih sehingga Anda akan lebih semangat untuk mengerjakan soal ujian mandiri tersebut.

Keempat adalah persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan dengan baik seperti pensil, pulpen dan penghapus serta kartu ujian. Jangan sampai karena Anda terlalu bersemangat untuk mengerjakan soal ujian tersebut, Anda lupa perlengkapan tulis Anda terutama kartu ujian Anda. Jika Anda tidak memiliki kartu tersebut maka Anda tidak dapat mengikuti ujian tersebut. Alhasil, Anda akan kalah sebelum Anda perang.

Baca Juga Biaya Kuliah Kedokteran itu Mahal?

Tips lainnya agar sukses ujian setelah lolos pendaftaran jalur mandiri di universitas ternama pilihan Anda yaitu:

  • Baca terlebih dahulu perintah dari soal tersebut sehingga Anda tidak salah dalam menuliskan jawaban.
  • Jangan lupa untuk menuliskan nama atau identitas Anda karena tidak sedikit orang yang karena gugup, lupa untuk memberikan identitas di kertas jawabannya dan hal tersebut dapat berakibat fatal untuk Anda.
  • Pilih soal yang menurut Anda lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan jika Anda memilih soal yang susah dan Anda tidak menemukan jawaban atau terlalu fokus pada soal tersebut, maka soal yang lain dapat terbengkalai. Padahal jika dibandingkan jumlah soal yang mudah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan soal yang sukar tersebut.
  • Anda harus ingat jika waktu ujian sangat terbatas sehingga sebisa mungkin Anda harus dapat membagi waktu Anda dengan baik.
  • Kerjakan soal dengan tenang sehingga Anda dapat mengingat cara Anda mengerjakan soal-soal yang sebelumnya pernah Anda kerjakan sebelum ujian masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *