Kiat Menjalankan Bisnis Kecil-kecilan Paruh Waktu

Cara Mudah Kredit Mobil Nissan
March 6, 2016
Tips Sebelum Kredit Kawasaki Ninja 250
March 7, 2016

Kiat Menjalankan Bisnis Kecil-kecilan Paruh Waktu

Anda yang sedang membutuhkan uang tambahan selalu mempunyai kesempatan untuk bisa menjalankan bisnis kecil-kecilan. Modal kecil, sarana seadanya, semuanya itu tetap bisa dijadikan senjata untuk bisa menjalankan bisnis dengan baik. Bagi Anda yang mempunyai pekerjaan utama sendiri, para ibu rumah tangga, ataupun mahasiswa, semua itu bisa mendatangkan pundi-pundi yang cukup untuk menambah uang saku.

Enaknya membuka bisnis kecil-kecilan untuk pemula bermodal kecil seperti ini adalah Anda lebih santai dan tidak terlalu ngoyo menjalankannya, meski ini bukan berarti Anda tidak bekerja keras. Hanya saja, beban Anda tak terlalu berat, dan bisa dibawa sambil jalan saja. Kelebihannya lagi, usaha-usaha semacam ini juga mempunyai banyak macamnya, dari usaha kuliner, penyedia jasa, hingga bisnis budidaya. Tiap orang dari berbagai latar belakang bisa memilih bisnis yang sesuai dengan situasi dan kondisinya.

Misalnya saja, untuk para karyawan yang tak mempunyai banyak waktu, Anda bisa melakukan bisnis kecil-kecilan yang menjanjikan seperti:

  1. Berdagang via marketplace

Jual berbagai macam barang via website marketplace yang sekarang sedang marak. Anda bisa menjual barang bekas, menjadi dropshipper, ataupun menjadi reseller untuk segala macam bentuk produk.

  1. Jasa desain grafis

Anda mempunyai kemampuan desain? Bukalah komisi untuk membuat berbagai logo, poster, maskot, brosur, dan bermacam-macam produk lainnya.

  1. Makelar properti

Anda bisa menawarkan properti kepada rekan-rekan Anda setelah bekerja sama dengan pengembang. Komisinya cukup besar, dan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak.

Baca juga Bidang Bisnis Tanpa Modal Secara Online

  1. Bisnis tentang hobi

Anda hobi memancing? Atau mungkin menyukai dunia otomotif? Manfaatkan segala hobi Anda tersebut dengan terlibat bisnis di dalamnya. Anda bisa berdagang sparepart kendaraan, modifikasi, jual beli koleksi figurin, dll.

  1. Berjualan cemilan atau snack

Anda yang hobi membuat kue kering atau cemilan juga bisa menawarkan produk Anda tersebut di teman-teman kantor atau kolega Anda, atau menawarkan untuk menjadi seksi konsumsi saat ada acara kantor. Bisnis kue seperti ini tergolong potensial lantaran bisnis tanpa modal seperti itu tidak perlu menggelontorkan banyak dana untuk memulainya.

Beberapa ide untuk bisnis kecil-kecilan tersebut juga bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga yang ada di rumah maupun para pelajar/mahasiswa. Semua bisnis di atas tak membutuhkan full time dan ada waktu yang hobi fleksibel. Selain mendapatkan pengalaman keuntungan di bidang finansial, Anda juga akan mendapatkan banyak kenalan baru dan jaringan pertemanan yang bertambah.

Tentu saja, yang namanya bisnis, meskipun hanya kecil-kecilan saja, tetap membutuhkan keseriusan dari Anda. Memang, Anda bisa lebih santai dalam melakukannya. Namun ini bukan berarti Anda mengerjakannya dengan setengah hati. Bagaimana bisa sukses kalau begitu? Ini dia yang harus Anda perhatikan:

  1. Menarik perhatian

Anda harus bisa menarik perhatian calon konsumen Anda. Carilah cara untuk melakukan promosi pada rencana bisnis Anda tersebut, jangan hanya menunggu untuk konsumen datang dengan sendirinya.

  1. Berikan penawaran lebih

Berikan kepada konsumen Anda sesuatu yang lebih, yang bisa membedakan Anda dengan pesaing Anda yang lainnya. Bisa dengan diskon, bisa dengan member card, kupon, dll.

  1. Ada strategi

Meski hanya bisnis modal kecil sekalipun, Anda tetap harus menyusun strategi bisnis, seperti soal promosi, mengatasi persaingan, mendapatkan suplai, memperkirakan untung rugi, dll.

  1. Berikan kejutan

Anda juga bisa memberikan kejutan atau bonus bagi konsumen yang menggunakan jasa atau membeli produk yang Anda jual. Buat mereka terkesan sehingga akan kembali lagi.

  1. Komunikasi dengan hangat

Usahakan untuk selalu membalas komentar, umpan balik, dan pertanyaan yang datang kepada Anda dengan ramah, sopan, dan informatif, sehingga konsumen atau calon pembeli merasa dihargai.

Berhubung Anda melakukan peluang bisnis seperti ini di waktu luang, bisa jadi Anda melakukan kesalahan ataupun kekeliruan dalam melangkah. Jika ini terjadi, maka jangan sampai terbawa emosi ataupun menyalahkan satu sama lainnya. Ketika Anda membuat kesalahan kepada pembeli, mintalah maaf, berikan kompensasi, berusahalah mengurangi impresif negatif yang tertanam di kepala mereka.

Begitulah beberapa ide tentang bisnis kecil-kecilan yang bisa dilakukan karyawan, ibu rumah tangga, ataupun mahasiswa yang tak punya banyak waktu. Menjalankan bisnis tersebut merupakan kesempatan untuk melihat sejauh mana Anda bisa kreatif dalam menjalankan bisnis, dan mengetes pula keuletan Anda. Tak perlu berkecil hati ketika Anda belum punya pengalaman, Anda bisa memulainya dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *