Kiat Mendapatkan Jasa Pinjaman Uang Bunga Rendah

Memanfaatkan Jasa Peminjaman Uang Kontan
March 5, 2016
Cara Mudah Kredit Mobil Nissan
March 6, 2016

Kiat Mendapatkan Jasa Pinjaman Uang Bunga Rendah

Meminjam uang adalah situasi yang mau tak mau akan terjadi pada suatu saat di dalam hidup Anda. Jelas tak banyak orang yang menyukai situasi di mana mereka harus meminjam uang seperti ini, tetapi mau tak mau ini harus dilakukan demi membayar tagihan, pernikahan, biaya pendidikan, maupun biaya yang lainnya. Agar Anda tak terbebani, maka Anda harus pintar-pintar mencari jasa pinjaman uang bunga rendah.

Meskipun jumlah yang Anda pinjam tak seberapa pun, cicilan pinjaman uang bunga kecil bisa menjadi lebih berat lantaran suku bunga yang tinggi. Apalagi ketika Anda meminjam di lembaga non-bank seperti perusahaan leasing tersebut, maka bunga yang diberikan pastinya akan menjadi lebih tinggi. Kalau Anda tak teliti dan melakukan perbandingan dengan lembaga-lembaga lainnya ketika mengajukan kredit, Anda akan kesulitan sendiri dalam membayarnya tiap bulan.

Agar tak terjebak dengan bunga pinjaman yang membebani, berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan maupun dilakukan:

  1. Membandingkan satu pinjaman dengan yang lainnya

Jangan malas untuk membandingkan besar satu pinjaman yang ditawarkan dengan pinjaman yang lain di lembaga yang serupa. Setidaknya dengan ini Anda akan mendapatkan pembiayaan yang lebih ringan.

  1. Hitung agar angsuran tak melebihi 30% pendapatan

Maksimal angsuran yang tak akan membuat Anda menderita dengan cicilan adalah 30% dari pendapatan. Lebih dari itu Anda akan kerepotan sendiri. Gunakan simulasi penghitungan yang tersedia untuk memperkirakan berapa jumlah angsuran yang layak untuk pinjaman tanpa agunan Mandiri yang akan anda dapatkan.

  1. Bank memberikan bunga lebih rendah

Meski syarat yang diberikan kadang jauh lebih rumit daripada lembaga leasing, namun bank mempunyai batas maksimal suku bunga sehingga tak bisa seenaknya meninggikannya. Berbeda dengan lembaga pembiayaan yang tak mempunyai aturan tersebut.

  1. Jangan ada hutang lain

Ketika Anda akan meminjam uang di jasa pinjaman uang cepat, usahakan jangan sampai ternyata Anda masih mempunyai hutang di tempat lain. Anda akan semakin tercekik karenanya.

Ada beberapa tempat yang menawarkan jasa pinjaman bunga rendah bagi Anda yang memang memerlukannya. Ini dia:

  1. Dari keluarga atau teman

Cara termudah dalam meminjam uang di jasa pinjaman uang tunai adalah dari teman atau keluarga. Dijamin, Anda tak akan mendapatkan bunga sama sekali. Hanya saja, Anda mungkin akan menjadi rikuh maupun segan ketika belum membayar kembali.

Baca juga Cara Memilih Jasa Pinjaman Uang Tunai Cepat

  1. Koperasi

Koperasi juga memberikan fasilitas pembiayaan bagi para anggotanya dengan bunga yang jauh lebih ringan dari bank dan lembaga pembiayaan. Hanya saja, Anda harus jadi anggota dulu, dan jumlah pinjaman juga dibatasi.

  1. Pegadaian

Anda bisa mengagunkan aset-aset berharga Anda di lembaga pegadaian atau di tempat jasa pinjaman uang bunga ringan yang banyak dijumpai di mana-mana. Cepat, mudah, dan bunganya pun tak terlalu tinggi, ini alternatif tepat untuk mendapatkan uang kontan.

  1. Meminjam di lembaga online

Sekarang sudah semakin banyak situs-situs pembiayaan yang muncul, yang memberikan solusi untuk pinjaman jangka pendek. Bunga ringan, syarat mudah, namun dana yang dipinjam hanya terbatas saja.

Jadi, mau pilih yang mana? Semuanya mempunyai keuntungan maupun kerugian masing-masing. Anda yang membutuhkan dana besar harus mau bersusah payah dalam memenuhi persyaratan dari bank, sementara suku bunga di lembaga pembiayaan kadang tak kira-kira tingginya, membuat posisi Anda semakin sulit. Oleh karena itulah, mana pun yang Anda pilih, pastikan bahwa Anda mampu membayarnya dengan lancar tanpa menunggak.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan Anda mampu membayar angsuran dengan lancar:

  • Ketahui dengan pasti jumlah pendapatan dan pengeluaran Anda setiap bulannya, sehingga Anda bisa menghitung kemampuan Anda.
  • Buat pembayaran hutang menjadi prioritas yang utama, sehingga Anda tak terlambat dalam membayarnya, dan uang terlanjur dipakai untuk keperluan lain.
  • Buat rekening terpisah yang khusus berisi dana untuk membayar pinjaman Anda tersebut.
  • Kurangi pengeluaran untuk hal-hal kecil dan tak penting seperti rokok, jajan di luar, pelesir di akhir minggu, dll. sampai hutang lunas.

Memanfaatkan jasa pinjaman uang bunga rendah tidak selalu menjamin bahwa Anda tak akan kesulitan dalam melunasi pinjaman Anda. Bisa jadi, Anda justru terbuai dengan rendahnya pinjaman, dan tak mengatur keuangan Anda. Akibatnya sama saja, Anda juga yang akhirnya kesulitan dalam membayar karena tak ada uang yang disisihkan untuk melunasinya. Sikapi perihal pinjam-meminjam ini dengan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *