Doa Terbebas Dari Hutang Piutang

Cara Mengelola koperasi Simpan Pinjam
October 6, 2016
Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Gratis
October 7, 2016

Doa Terbebas Dari Hutang Piutang

Setiap orang tidak ingin memiliki hutang karena akan menambah beban pikiran dan tidak jarang dapat membuat seseorang menjadi depresi dan melakukan bunuh diri. Akan tetapi, karena suatu hal, misalnya karena dipergunakan untuk membayar sekolah, hutang harus dilakukan. Untuk mengurangi beban dari hutang yang dilakukan tersebut, setiap debitor harus berusaha untuk membayar pinjaman tanpa jaminan tersebut dan selalu melakukan doa terbebas dari hutang untuk memperlancar rezeki dan mengurangi beban pikiran.

Selain memanjatkan doa terlilit hutang agar terbebas dari segala hutang saat Anda beribadah, bagi Anda yang beragama Islam, terdapat cara yang dapat Anda lakukan, yaitu berdzikir 100 x dan kemudian tangan kanan memegang dada kiri atau tepat di atas jantung Anda dan mengucapkan Yaa fattah Yaa razzaq sebanyak 70x. Selain melakukan hal tersebut, terdapat cara lain yang dapat Anda lakukan yaitu:

  • Membaca surat Al Kautsar sebanyak 313.
  • Jangan lupa untuk bersedekah setiap hari jumat. Namun, usahakan untuk bersedekah dengan hati yang ikhlas sehingga Anda memperoleh balasan yang berkali lipat lebih baik daripada yang Anda keluarkan.
  • Atau dengan membaca Al Fatihah 300x dan kalimat hawqalah sebanyak 41x setelah shalat Isya.

Selain memanjatkan doa terbebas dari hutang terutama setelah Anda selesai Shalat atau beribadah, terdapat cara yang harus Anda lakukan agar Anda keluar dari beban hutang. Pertama adalah hilangkan terlebih dahulu perasaan susah dan sedih yang berlarut-larut. Hilangkan perasaan negatif seperti, ‘saya tidak dapat membayar hutang karena tidak punya uang’. Setiap orang yang memiliki hutang pasti memiliki ketakutan tersendiri dan untuk mengurangi beban batin Anda adalah dengan ikhlas. Dengan cara tersebut, Anda dapat berfikir dengan kepala dingin sehingga dapat menemukan cara untuk melunasi hutang dalam Islam tersebut.

doa terlilit hutang

doa terlilit hutang

Kedua adalah tanamkan sifat dan sikap rajin. Mulailah dengan berlaku jujur pada diri Anda sendiri sehingga Anda dapat mengatur diri Anda sendiri sebelum memulai yang lainnya, seperti menabung. Salah satu kunci agar menemukan cara melunasi hutang secara cepat dan tepat adalah dengan mengatur keuangan yang baik. Anda harus rajin menabung dan mengatur pemasukan dan pengeluaran Anda sehingga uang yang dialokasikan untuk membayar hutang tidak diganggu gugat atau tidak digunakan untuk keperluan yang lainnya.

Ketiga adalah bersedekah dan doa orang tua terlebih ibu. Dalam kondisi apapun termasuk ketika Anda sedang terlilit hutang, Anda harus dapat bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Dalam melakukan apa saja untuk membantu meringankan beban pikiran Anda ketika di kondisi sedang berhutang, sebaiknya minta ijin atau restu dari orang tua sehingga semua rezeki yang Anda peroleh menjadi lebih berarti atau berkah dan memberikan Anda keringanan.

Baca Juga 6 Cara Dapat Uang Untuk Mahasiswa

Cara lainnya yang sebaiknya dilakukan selain memanjatkan doa terbebas dari hutang yaitu:

  • Menjual aset yang Anda miliki. Jika hutang Anda cukup banyak, untuk mengurangi beban Anda dari kemungkinan berhutang yang semakin besar, aset seperti emas atau investasi Anda dapat dijual untuk menutupi hutang tersebut.
  • Jangan terlalu lama fokus ke hutang namun ke bisnis atau pekerjaan tempat Anda dapat memperoleh pemasukan sehingga Anda juga memiliki pendapatan yang lainnya untuk memenuhi kebutuhan Anda selain untuk melunasi hutang yang dimiliki.
  • Menunda kesenangan atau mementingkan kebutuhan terlebih dahulu dibandingkan keinginan Anda. Agar Anda dapat lebih fokus untuk membayar hutang Anda, list hutang yang memiliki angsuran atau jumlah yang paling besar terlebih dahulu atau suku bunga yang tinggi ke hutang yang rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *