Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Impian

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Gratis
October 7, 2016
Pendaftaran Jalur Mandiri di Kampus Negeri
October 10, 2016

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Impian

Setiap orang pasti pernah memimpikan untuk dapat bersekolah tinggi sehingga dapat memperoleh kehidupan yang lebih baik dari ilmu yang diperoleh. Tidak sedikit yang menginginkan untuk dapat bersekolah di luar negeri. Namun, biaya sekolah dan biaya untuk hidup sehari-hari yang tinggi, membuat banyak yang mengincar beasiswa untuk dapat kuliah di luar negeri. Cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri tidak mudah karena Anda harus bersaing dengan pendaftar lainnya yang menginginkan untuk kuliah di luar negeri.

Terdapat beasiswa yang dapat Anda pilih baik untuk beasiswa jenjang S1, S2 ataupun S3, diantaranya yaitu:

  • Beasiswa yang ditawarkan oleh kementrian pendidikan. Beasiswa ini dapat Anda jadikan pilihan jika Anda memiliki prestasi yang dapat diunggulkan.
  • Beasiswa diikuti yang diperuntukkan bagi tenaga pengajar misalnya guru ataupun dosen yang ingin melanjutkan studi S2 ataupun S3.
  • Beasiswa yang diselenggarakan oleh pihak tertentu misalnya perusahaan tertentu dan biasanya diselenggarakan lewat yayasan dari perusahaan tersebut.
  • Beasiswa dari universitas tertentu yang membuka beasiswa untuk pelajar dari luar negeri.

Masing-masing universitas atau jenis beasiswa kuliah di luar negeri memiliki persyaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh pendaftarnya yaitu pelajar yang hendak melanjutkan ke jenjang kuliah bagi S1, S2 ataupun S3. Sebagian besar universitas yang menyediakan beasiswa untuk pelajar dari luar negeri, terlebih untuk jenjang S2 dan S3, membutuhkan laporan atau penelitian yang pernah dilakukan sehingga laporan tersebut akan memudahkan pihak Universitas untuk menilai apakah Anda layak atau tidak.

Kedua adalah TOEFL. Kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan sebagai syarat dan cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Biasanya, skor minimal dari tes TEOFL adalah 550 dan IELTS minimal 6,5. Hal ini disebabkan karena bahasa Inggris adalah bahasa universal dan digunakan sebagai bahasa penghubung antar pelajar yang berasal dari berbagai negara. Jika Anda tidak dapat berbahasa Inggris dengan baik maka dikhawatirkan Anda tidak dapat mengikuti pelajaran atau kuliah seperti pelajar yang lainnya. Hal tersebut dapat menyebabkan Anda tidak dapat belajar maksimal dan beasiswa Anda dapat dicabut sewaktu-waktu.

Baca Juga Biaya Kuliah Kedokteran itu Mahal?

Ketiga adalah surat keterangan dari sekolah atau universitas Anda sebelumnya. Biasanya, Anda membutuhkan surat rekomendasi dari kampus atau tempat Anda sebelumnya terlebih jika Anda mendapatkan beasiswa tersebut berdasarkan rekomendasi dari kampus atau dari sekolahan ataupun dari dosen atau perusahaan Anda. Surat tersebut akan menjadi pertimbangan untuk universitas tempat Anda mengajukan beasiswa apakah Anda akan diterima atau tidak.

Keempat adalah motivation letter. Pada motivation letter terlebih jika Anda meneruskan di jenjang S2 di luar negeri, Anda harus menuliskan alasan Anda bahwa Anda layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut dibandingkan yang lainnya. Walaupun motivation letter tersebut untuk pertimbangan universitas namun Anda jangan menuliskannya terlalu panjang karena biasanya 1 halaman A4 cukup untuk menuliskan surat tersebut.

Baca Juga Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Internet

Tips untuk menuliskan motivation letter sebagai salah satu cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri yaitu:

  • Mulailah dengan apa yang mendasari Anda untuk mengajukan beasiswa tersebut sehingga pemberi beasiswa dapat mempertimbangkan Anda.
  • Ceritakan diri Anda dalam paragraf yang singkat, padat dan jelas.
  • Jangan lupa untuk mencantumkan apa saja prestasi yang pernah Anda peroleh dan yang kira-kira dapat mempengaruhi pemberi beasiswa tersebut untuk memberikan beasiswa kepada Anda.
  • Ceritakan kerja nyata yang pernah Anda lakukan dan kontribusi yang hendak Anda berikan dari ilmu yang Anda peroleh nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *