Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

Biaya Kuliah Kedokteran Itu Mahal?
October 5, 2016
6 Cara Dapat Uang di Internet Dengan Video
October 5, 2016

Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

 

Hutang tidak jarang menjadi solusi terakhir bagi setiap orang yang ingin memenuhi kebutuhan tertentu misalnya untuk bersekolah, berobat atau untuk kebutuhan konsumtif. Tidak jarang, karena hutang tersebut, seseorang menjadi bangkrut karena tidak dapat membayar cicilan hutang sesuai dengan yang ditetapkan antara peminjaman uang dan pemberi kartu kredit. Terdapat beberapa langkah atau cara melunasi hutang yang dapat Anda biasakan sejak dini sehingga nantinya Anda tidak keteteran atau kesusahan untuk membayar hutang Anda.

Pertama adalah catat pemasukan dan pengeluaran yang Anda miliki. Baik dari pekerjaan utama Anda atau dari pekerjaan sampingan Anda, semua pemasukan hendaknya segera dicatat. Jangan lupa untuk menuliskan pengeluaran pokok Anda sehingga Anda dapat membagi pemasukan tersebut untuk berbagai jenis pengeluaran. Jika Anda susah untuk membagi keuangan Anda, terdapat cara mudah yaitu dengan menggunakan metode Syukri Muhammad Syukri yang menggunakan cara 31 amplop. Setelah Anda menghitung berapa saja pengeluaran yang harus Anda keluarkan, maka masukkan sejumlah uang ke amplop tersebut dan namai. Jangan mengambil uang yang di amplop yang digunakan untuk keperluan lainnya.

Baca Juga Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Internet

Kedua adalah buat prioritas hutang. Setiap orang pasti pernah memiliki hutang lebih dari 1 kepada pihak tertentu dan secara bersamaan juga harus membayar hutang tersebut. Agar Anda tidak terbebani untuk membayar hutang yang besar, susun daftar hutang yang Anda miliki terlebih jika Anda memiliki kredit di bank seperti KPR ataupun hutang tagihan kartu kredit. Utamakan kredit atau pinjaman yang memiliki jumlah angsuran terbanyak atau suku bunga yang terbesar karena jika dibiarkan, dapat membuat hutang Anda menjadi lebih besar.

Untuk pengaturan uang sebagai cara melunasi hutang dengan sedekah yang paling dasar karena jika pengaturan tersebut salah, maka akan berpengaruh pada kemampuan Anda untuk membayar hutang, jika Anda masih single atau sendiri terlebih jika Anda seorang wanita, terdapat cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Tahan diri Anda ketika Anda belanja. Terkadang belanja menjadi suatu hal yang menjadi candu tidak hanya bagi wanita namun juga pria terlebih jika terdapat promo ataupun diskon. Anda harus menahan keinginan tersebut karena Anda harus mendahulukan kebutuhan yang Anda perlukan.
  • Mengatur keuangan bulanan.
  • Berinvestasi tidak hanya investasi emas atau saham, Anda dapat berinvestasi ke barang yang sekiranya masih memiliki nilai jual yang tinggi.
  • Jangan lupa untuk menabung sebagai simpanan darurat.

Ketiga adalah mencari pemasukan baru. Jika Anda memiliki kebutuhan atau pengeluaran yang banyak, tidak mungkin jika mengandalkan pemasukan Anda sehari-hari, untuk membayar dan atau untuk mengurangi jumlah hutang yang semakin tinggi, Anda harus mencari penghasilan tambahan. Namun, pastikan jika kerja sambilan Anda tersebut tidak memakan waktu Anda atau membuat Anda terlalu capek. Pilih usaha yang dapat Anda lakukan di waktu senggang. Keempat adalah dengan mengurangi penggunaan kartu kredit sehingga tagihan kartu kredit Anda tidak membengkak.

Baca Juga 6 Cara Cepat Dapat Uang Untuk Mahasiswa

Jika dari kebiasaan diatas Anda tetap tidak dapat melunasi hutang dengan baik, maka cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan penjadwalan ulang. Cara melunasi hutang ini dilakukan jika Anda memiliki hutang yang besar atau hutang dengan bank sebagai kreditornya. Penjadwalan ulang ini dilakukan jika Anda tidak dapat membayar hutang seperti yang sudah ditetapkan dan Anda tidak sanggup untuk membayar sebesar yang disepakati. Dalam penjadwalan ulang tersebut, Anda sebaiknya meminta keringanan untuk membayar hutang misalnya perpanjang pembayaran hutang atau untuk menurunkan bunga sehingga hutang bank Anda menjadi lebih ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *