Biaya Kuliah Kedokteran Itu Mahal?

Kartu Kredit BRI Untuk Pegawai Swasta
October 4, 2016
Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk
October 5, 2016

Biaya Kuliah Kedokteran Itu Mahal?

Sebagian besar anak-anak ketika ditanya akan menjadi apa, akan menjawab akan menjadi dokter karena dokter dapat membantu untuk menyembuhkan orang yang sakit. Namun, setelah beranjak dewasa, untuk menjadi dokter tidaklah mudah karena setiap calon dokter harus memiliki otak yang pintar dan biaya yang tinggi. Walaupun memiliki otak yang cerdas, namun tidak semua orang dapat berkuliah di jurusan kedokteran karena biaya kuliah kedokteran yang mahal yaitu sekitar 300-400 juta rupiah untuk yang bersekolah di universitas swasta.

Untuk biaya kuliah kedokteran UI, seperti yang disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengemukakan jika paling mahal biaya kuliah di jurusan tersebut untuk mahasiswa regular, paling mahal mencapai Rp 25 juta per semester. Akan tetapi, biaya kuliah di kedokteran juga ditentukan berdasarkan lokasinya. Di wilayah Papua dan Maluku mencapai Rp 48 juta/semester dan di pulau Jawa, biaya per semester mencapai Rp 37 juta.

Baca Juga Biaya Kuliah Universitas Pelita Harapan

Biaya kuliah kedokteran yang mahal dikarenakan oleh beberapa hal. Pertama adalah karena biaya operasionalnya yang tinggi. Jika Anda berkuliah di kedokteran tentunya Anda harus mengikuti praktek dan teori sedangkan jika praktek, peralatan dan bahan yang digunakan tersebut memiliki harga yang tidak sedikit misalnya untuk zat tertentu, mikroskop, stetoskop ataupun alat peraga yang harganya yang tinggi sehingga membutuhkan dana yang lebih besar di setiap praktikum.

Kedua adalah biaya tenaga medic yang mampu mengajar dan kompeten yang masih jarang sehingga tidak heran jika biayanya mahal. Walaupun saat ini banyak dokter yang ada di Indonesia yang dapat menjadi pengajar namun tidak semua dokter tersebut dapat mengajar dengan kompeten atau sesuai dengan kurikulum yang ada dan mampu membuat mahasiswanya mengerti mengenai pelajaran yang diajarkan terlebih untuk bagian saraf. Sayangnya, sebagian besar pengajar yang kompeten tersebut juga merupakan dokter yang bertugas di rumah sakit dan memiliki jadwal yang padat sehingga mau tidak mau harus membayar waktu dari dokter untuk mengajar.

Ketiga adalah fakultas kedokteran memiliki peminat yang banyak. Walaupun biaya untuk berkuliah di fakultas kedokteran terbilang sangat mahal, namun bukan berarti peminatnya sedikit. Semakin banyak peminat dari fakultas tersebut maka akan semakin bagus nama universitas tersebut dan untuk membuat agar universitas tersebut dianggap layak untuk belajar sebelum akhirnya menjadi dokter, maka diperlukan penyempurnaan tidak hanya bangunan namun juga fasilitas yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Baca Juga Tempat Pinjaman Uang di Jakarta

Alasan lainnya mengapa biaya kuliah kedokteran mahal, yaitu:

  • Sebelumnya di tahun 2013, menurut Muhammad Nuh selaku Menteri pendidikan dan Kebudayaan mengemukakan 2 alasan mengapa biaya pendidikan untuk menjadi dokter mahal adalah karena akses keterjangkauan dan faktor ketersediaan yang terpusat pada 1 titik saja serta belum adanya UU Pendidikan Kedokteran yang dapat menekan atau mengatur biaya pendidikan kedokteran.
  • Biaya yang digunakan untuk membangun fasilitas dan tempat praktek yang layak sehingga dapat memaksimalkan kualitas dari mahasiswa yang akan menjadi dokter nantinya. Semakin lengkap bangunan yang dilengkapi dengan fasilitas untuk menunjang praktek fakultas kedokteran maka akan semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Misalnya untuk membeli mayat yang harganya dapat mencapai puluhan juta rupiah.
  • Lamanya waktu lulus karena untuk menjadi dokter, mahasiswa tersebut harus menyelesaikan masa co-as di rumah sakit setelah di wisuda yang umumnya mencapai waktu 2 tahun bahkan lebih.

0 Comments

  1. […] di jurusan ini sangatlah tipis. Selain itu ada juga kendala jika mendaftar pada jurusan ini yakni biaya kuliah kedokteran yang sekarang ini tak murah […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *