Thursday, 15 June 2017

Cara Mengurus KTP Hilang Beserta Proses Lengkapnya

Cara Mengurus KTP Hilang
Cara Mengurus KTP Hilang

KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan kartu yang digunakan oleh masyarakat sebagai identitas wajib yang harus dimiliki terutama oleh telah berumur 17 tahun. KTP tersebut bisa menjadi kartu yang sangat dibutuhkan untuk berbagai hal sehingga kepemilikannya bersifat wajib. KTP sendiri sekarang ini ada yang berbentuk KTP elektronik yang merupakan program baru pemerintah untuk menggunakan KTP lama walaupun fungsi dan fisiknya juga masih sama saja. Sebagai kartu identitas yang penting, kartu ini harus dijaga baik-baik dan selalu dibawa kemana-mana. Tetapi tentu saja pada beberapa hal kartu ini bisa saja hilang sehingga bagi masyarakat yang ingin membuat baru bisa dengan cara mengurus KTP hilang yang sebenarnya mudah dan cepat.

Proses pertama yang harus dilakukan apabila Anda sadar KTPnya hilang baik karena dicuri atau entah kemana bisa untuk melapor kepada pihak desa sebelum membuat lagi di kecamatan. Pertama datanglah ke Balaidesa dan ungkapkan mengenai maksud dan tujuan Anda kepada petugas. Kemudian petugas akan membuat surat rujukan atau keterangan bahwa KTP yang Anda miliki telah hilang dan bisa untuk membuat KTP yang baru di kecamatan. Apabila misalnya Anda juga kehilangan kartu lain seperti ATM, kartu mahasiswa, BPJS, SIM atau kartu penting lainnya juga sebaiknya sekalian untuk melapor agar dibuatkan surat pembuatan yang baru.

Setelah datang ke desa dan telah mendapatkan surat yang dibutuhkan, cara mengurus KTP hilang selanjutnya adalah dengan datang ke Polres setempat. Ketika datang ke kantor polisi sama seperti di Balai desa utarakan maksud Anda bahwa ingin membuat surat kehilangan untuk KTP dan juga kartu lainnya. Setelah mengetahui niat maka nantinya Anda bisa antri untuk mendapatkan giliran membuat surat kehilangan dan pengantar dari kepolisian.

Baca Juga :

Untuk proses mengurus KTP di kepolisian ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan masyarakat seperti:

  • Bawa syarat dokumen yang diperlukan seperti KK atau juga apabila masih memilikinya bisa untuk membawa fotocopy KTP.
  • Menjawab pertanyaan mengenai sebab kehilangan KTP, warna dompet ketika hilang, dan juga berbagai pertanyaan lainnya.
  • Menunggu surat untuk jadi dan ditandatangani.
  • Biasanya untuk pengurusan surat ini gratis sehingga tidak perlu bertanya berapa biaya yang harus dibayarkan.

Ketika telah mendapatkan surat pengantar kehilangan dari kepolisian dan juga desa langkah selanjutnya adalah dengan datang ke kecamatan. Datanglah ke kecamatan selama jam buka yang tergantung dari wilayah masing-masing. Setelah itu sampaikan maksud dan tujuan untuk membuat KTP yang hilang dengan menunjukkan surat pengantar dari desa, KK, dan juga surat kehilangan dari kepolisian. Setelah itu ikut semua prosesnya tetapi untuk pembuatan KTP yang hilang biasanya tidak lagi photo, tanda tangan, dan berbagai pemasukan data lainnya karena masih bisa menggunakan data lama yang masih tersimpan di database kecamatan.

Untuk menunggu KTP tersebut jadi biasanya akan memerlukan waktu beberapa lama setidaknya 1 minggu lamanya. Dan ketika setelah 1 minggu Anda bisa untuk mengambil KTP baru yang sudah jadi. Cara mengurus KTP hilang sebenarnya sangat mudah karena bisa dilakukan hanya dalam 1 satu hari saja. Sehingga bagi yang malas untuk mengurus surat-surat yang hilang seperti KTP sebenarnya hanya karena malas saja. Padahal sebenarnya proses pengurusannya sendiri sangat mudah, cepat, dan juga tidak mengeluarkan biaya selain mungkin bagi sebagian orang ingin memberikan tips kepada petugas secara sukarela yang jumlahnya boleh bebas.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online