Thursday, 15 June 2017

Cara Mengatur Keuangan dalam Rumah Tangga

cara mengatur keuangan
cara mengatur keuangan 
Mengelola dan mengatur keuangan dalam rumah tangga, biasanya akan ditugaskan pada seorang ibu rumah tangga. Namun hakekat seorang wanita yang memang menyukai dunia belanja, terkadang seringkali membuat sistem keuangan dalam rumah tangga menjadi sedikit bergeser dan tidak sesuai dengan rencana awal yang telah terperinci sebelumnya. Oleh karena itulah bagi Anda yang berstatus sebagai seorang ibu rumah tangga, dan memegang peranan penting dalam sistem keuangan yang terjadi dalam rumah tangga Anda, komitmen yang besar dan sungguh-sungguh haruslah Anda buat agar nantinya semua rencana keuangan yang tercatat diawal, dapat Anda jalankan dengan benar. Berikut ini sedikit ulasan mengenai cara mengatur keuangan dalam rumah tangga, yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, sudah sewajarnya jika Anda menempatkan point-point penting yang menjadi kebutuhan pokok dalam rumah tangga, dalam urutan teratas catatan keuangan Anda. kebutuhan primer dalam rumah tangga ini, merupakan point yang harus Anda hadirkan secara continue setiap periode pencatatan keuangan yang Anda lakukan. Setelah kebutuhan primer ini, barulah Anda dapat menghadirkan kebutuhan sekunder dalam pencatatan keuangan dalam rumah tangga Anda. Melakukan pencatatan rencana belanja dalam keuangan rumah tangga ini, sangatlah penting untuk dilakukan, agar nantinya dapat mengetahui besarnya anggaran yang harus Anda keluarkan untuk kebutuhan belanja bulanan rumah tangga Anda.

Baca Juga :


Berikut ini beberapa kebutuhan yang dapat dikategorikan dalam kebutuhan primer dalam rumah tangga, yang antara lain adalah:

  • Biaya untuk konsumsi dalam rumah tangga sehari-hari.
  • Biaya transportasi, listrik, air dan telepon.
  • Biaya pendidikan anak sekolah, termasuk uang saku anak didalamnya.
  • Biaya cicilan rumah dan cicilan lainnya jika ada.
  • Biaya asuransi ataupun jaminan kesehatan keluarga.

Jika kebutuhan primer, sekunder telah tercatat dengan baik. Tak ada salahnya, jika Anda mencantumkan kebutuhan tersier dalam catatan keuangan Anda, jika memang masih terdapat sisa budget pembelanjaan bulanan yang lumayan banyak. Namun jika anggaran hanya menyisakan sedikit dana ataupun bahkan terlalu mepet, sebaiknya Anda tidak mencatat kebutuhan tersier tersebut. Melakukan pencatatan perkiraan anggaran diawal ini, merupakan cara mengatur keuangan yang paling tidak boleh ditinggalkan oleh seorang ibu rumah tangga, agar nantinya perkiraan pengeluaran dan dana yang ada dapat disinkronkan.

Selain melakukan pencatatan pada keuangan, hal yang perlu dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk mengatur sistem keuangan dalam rumah tangga adalah penghematan dalam segala hal. Mulai dari belanja hingga penggunaan berbagai sarana dalam rumah tangga. Jika dana yang ada tidak memungkinkan Anda untuk dapat berbelanja dalam bentuk barang baru, Anda dapat menggantinya dengan barang setengah pakai yang tepat. Selain itu penghematan dalam penggunaan listrik, air dan telepon, juga akan memberikan kontribusi yang besar dalam sistem pengaturan keuangan rumah tangga yang Anda lakukan.

Jika terdapat sisa anggaran yang bulanan, maka Anda dapat menjadikan sisa tersebut sebagai tabungan yang nantinya dapat Anda gunakan untuk kepentingan yang mendadak dan tidak terduga. Menyisihkan anggaran yang didapat setiap bulannya, mungkin dapat Anda jadikan sebagai catatan penting dalam cara mengatur keuangan dalam rumah tangga Anda. Dengan menyisihkan anggaran belanja tiap bulan, nantinya Anda akan mempunyai tabungan yang dapat Anda jadikan sebagai dana cadangan ataupun tabungan yang dapat Anda gunakan sebagai investasi untuk jaminan masa depan. Oleh karena itu aturlah keuangan atur dan rencanakanlah sistem keuangan dalam rumah tangga Anda dengan baik dan benar.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online