Wednesday, 7 June 2017

5 Instrumen Pasar Modal yang Ada di Indonesia

instrumen pasar modal
instrumen pasar modal 

Sambilnongkrong - Investasi merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan dengan menanamkan modal yang dimiliki oleh seseorang. Modal tersebut akan digunakan untuk kepentingan membangun dan mengembangkan perusahaan dan jenis lembaga lainnya yang ada di pasar modal. Dimana untuk orang yang bermain dalam penanaman modal atau investasi tersebut nantinya dikatakan sebagai investor yang mempunyai dua kemungkinan bisa sukses atau bisa rugi. Apabila ia pintar untuk memilih instrumen investasi yang tepat maka hasilnya bisa saja kaya mendadak tetapi apabila tidak bisa untuk membaca pasar dengan baik maka bisa kehilangan uang investasinya. Oleh karena itu sebaiknya apabila Anda ingin bermain di pasar modal perhatikan dan pilihlah instrumen pasar modal dengan tepat. Dimana untuk jenis instrumen yang ada di pasar modal adalah sebagai berikut ini:

  • Saham

Adalah instrumen yang ada di pasar modal dimana bisa dipilih untuk orang yang ingin mempunyai keuntungan yang lebih besar dan cepat. Saham ini adalah surat tanda ikut serta atas suatu perusahaan yang ada di pasar modal bisa kecil dan juga besar. Saham yang bisa dipilih sendiri ada dua jenis yaitu saham biasa dan saham preference. Untuk saham biasa merupakan jenis saham yang bisa didapatkan di bursa efek. Sedangkan untuk saham preference adalah jenis saham gabungan dari saham biasa dan juga obligasi.


  • Obligasi

Adalah instrumen pasar modal kedua yang bisa untuk dipilih masyarakat dimana berbentuk sertifikat atau kontrak antara pemberi pinjaman dan juga orang yang diberikan pinjaman. Kemudian untuk kontrak atau surat perjanjian tersebut diterbitkan dalam bentuk obligasi. Dimana bunga dari obligasi ini disebut kupon yang merupakan keuntungan dari perusahaan pemberi obligasi. Jenis obligasi ini nantinya akan sama dengan deposito berjangka tetapi obligasi tidak dapat untuk diperjualbelikan. Obligasi ini diperjualbelikan di pasar modal yang nilainya turut dipengaruhi oleh suku bunga bank yang ada.

  • Bukti right

Merupakan adalah sebuah hak dari seseorang untuk dapat membeli saham dengan harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu pula. Dimana orang yang dapat membeli bukti right ini adalah pemegang saham yang sudah lama. Dimana apabila seorang investor lama tersebut tidak ingin menggunakan haknya bisa untuk menjual bukti right yang dipunyainya di pasar modal yang pembelinya harus menukarkan bukti right ini secara tepat waktu karena apabila ditukarkan melebihi batas waktunya maka tidak akan mempunyai nilai lagi.

  • Waran

Merupakan instrumen yang ada dalam pasar modal yang hanya bisa dimiliki oleh sebagian orang saja. Orang yang dapat mempunyai waran ini adalah seorang pemegang saham lama, dan juga seorang pemanis yaitu pada pemegang obligasi. Jenis ini nantinya bisa untuk ditukarkan ketika harganya sedang tinggi sehingga akan mendapatkan keuntungan dari penjualan waran ini. Akan tetapi hal yang harus diingat adalah pemiliknya harus menukarkan waran ini sebelum akhirnya jatuh masa kadaluarsanya karena seperti bukti right nantinya waran ini akan menjadi barang yang tidak berguna.


  • Reksadana

Adalah instrumen pasar modal yang cenderung aman dibandingkan yang lain tetapi keuntungannya tidak terlalu besar seperti pasar modal. Untuk jenis ini sangat cocok untuk investor pemula karena lebih minim resiko dan juga tidak membutuhkan skill ahli untuk dapat menamakan modal yang dimiliki. Untuk nilai modal yang bisa ditanamkan juga tidak harus sebesar ketika menanam modal karena bisa dimulai dari nilai yang kecil mulai 100 ribuan saja.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online