Wednesday, 10 May 2017

Pentingnya Cara Membuat Laporan Keuangan

Cara Membuat Laporan Keuangan
Cara Membuat Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan catatan informasi mengenai keuangan dalam suatu perusahaan pada periode akuntansi yang dapat dipakai untuk menggambarkan kinerja dari perusahaan tersebut. Tujuan dari laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan yang diterbitkan Ikatan Akuntan Indonesia adalah untuk menyediakan informasi yang berkaitan dengan posisi keuangan, kinerja dan juga perubahan posisi keuangan dari suatu perusahaan yang memiliki manfaat bagi sebagian besar pengguna dalam hal pengambilan keputusan. Sebagai pemilik perusahaan, tentu kita juga wajib mengetahui cara membuat laporan keuangan. Dalam penyusunan laporan keuangan ada beberapa komponen yang harus Anda perhatikan:

  • Neraca: Laporan posisi keuangan berdasarkan entitas pada tanggal atau periode tertentu misalkan akhir tahun.
  • Laporan laba-rugi: Laporan dari hasil operasi pada suatu entitas dalam periode tertentu misalkan 1 bulan atau 1 tahun.
  • Laporan modal pemilik (ekuitas): Laporan yang menyediakan ikhtisar perubahan yang terjadi di dalam ekuitas pemilik pada entitas dalam periode tertentu, misal 1 bulan atau 1 tahun.
  • Laporan arus kas: Yaitu laporan yang memperlihatkan jumlah penerimaan kas (kas masuk) dan pengeluaran kas (kas keluar) dalam periode tertentu.

Pembuatan laporan keuangan dalam perusahaan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh mereka yang terjun dalam dunia usaha atau bisnis. Semua usaha yang Anda ingin kelola dengan baik maka haruslah memiliki catatan yang berisikan informasi tentang aktivitas keuangan dalam perusahaan atau usaha mereka. Bukan hanya perusahaan besar saja yang harusnya sudah memiliki laporan keuangan, bagi Anda yang memiliki perusahaan kecil sekalipun sudah seharusnya mengetahui cara membuat laporan keuangan. Karena nantinya laporan tersebut akan membawa beberapa manfaat di kemudian hari terutama untuk mengetahui keseimbangan kondisi keuangan dalam perusahaan Anda.

Secara umum, laporan keuangan merupakan sebuah media informasi keuangan dari suatu perusahaan. Baik dalam informasi keuangan yang disusun dalam kondisi khusus ataupun laporan yang disusun pada periode tertentu secara rutin. Sedangkan ditinjau dari pengertian dan defenisinya, penyusunan laporan keuangan memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah:

  • Untuk mengetahui apakah usaha kita dalam kondisi untung atau rugi sehingga dapat diambil perbandingan dari catatan sebelumnya dengan pencatatan yang sekarang.
  • Dapat dijadikan alat pengendali keuangan usaha, dari adanya pembukuan, kita dapat mengetahui biaya-biaya yang memungkinkan untuk dipangkas dalam rangka menghemat pengeluaran.
  • Dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan terkait dengan perkembangannya, kita juga dapat mengambil strategi berdasarkan adanya pencatatan laporan keuangan yang tersedia saat ini.
  • Dalam rangka memenuhi kewajiban sebagai warga negara yang baik, yakni dengan melaporkan hasil usaha yang nantinya akan digunakan dalam perhitungan pajak berdasarkan neraca serta laporan laba rugi.
  • Laporan keuangan juga bisa digunakan sebagai dasar penentu kelayakan usaha dalam upaya mendapat bantuan berupa tambahan modal usaha dari pihak lain misalkan investor atau perbankan.

Pentingnya pembuatan laporan keuangan dalam usaha ini juga harus didukung penuh dengan pengetahuan Anda sebagai pengusaha. Namun memang tak semua orang paham mengenai cara membuat laporan keuangan yang baik sehingga menjadi suatu kendala tersendiri. Terlebih lagi jika pembukuan atau penyusunan laporan keuangan masih bersifat manual sehingga lebih riskan dan lebih berbelit-belit. Sangat menghabiskan waktu dan tenaga, belum lagi ada resiko berupa human error pada saat melakukan kalkulasi. Oleh karena itu, Anda akan membutuhkan seorang akuntan yang handal dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan Anda.



No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online