Thursday, 4 May 2017

Berapa Biaya Mutasi Mobil dan Persyaratannya?

Biaya Mutasi Mobil
Biaya Mutasi Mobil 

Membeli mobil bekas merupakan salah satu hal yang saat ini bisa menjadi pilihan untuk kita karena memiliki harga yang paling terjangkau dan akan membuat kita tidak perlu sulit. Namun ada satu hal tambahan yang harus kita lakukan jika akan membeli mobil bekas ini. Hal yang harus dilakukan adalah melakukan mutasi mobil. Dimana mutasi ini adalah penggantian nama pemilik mobil dalam STNK. Biaya mutasi mobil ini juga sangat beragam sekali sesuai dengan jenis mobil dan juga sesuai dengan biaya administrasi.

Ada beberapa persyaratannya yang memang bisa dan harus untuk kita patuhi karena ini merupakan hal yang penting sekali. Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang penting sekali untuk diketahui antara lain:

  • Pertama, kita harus pastikan semua surat penting yang dibutuhkan untuk penggantian nama ini sudah siap. Karena pastinya ada beberapa surat penting yang memang harus untuk digunakan karena ini merupakan salah satu yang penting dan juga akan membuat kita lebih mudah. Surat yang biasanya diperlukan adalah STNK, SIM, KTP dan BPKB.
  • Kedua, jika sudah maka kita bisa melakukan pembuatan mutasi baru ini di kantor samsat terdekat yang ada di sekitar kita. Perlu diketahui bahwa saat ini kantor samsat sudah mudah sekali ditemukan karena lokasinya yang memang sudah ditentukan dan bahkan bisa kita temukan di beberapa pusat perbelanjaan terdekat.
  • 3Ketiga, pastikan bahwa semua persyaratan nama dan juga surat yang diperlukan sudah siap dan akan bisa diberikan pada pihak samsat. Selain itu juga kita harus tahu bahwa biaya ini juga wajib sekali untuk dipenuhi sesuai dengan kebutuhan kita pastinya.

Melihat adanya beberapa kebutuhan akan biaya yang besar ini memang akan membuat kita jadi lebih mudah dan juga akan membuat kita bisa mendapatkan biaya mutasi yang paling sesuai. Berikut ini adalah beberapa biaya mutasi mobil yang akan sangat diperlukan pada saat kita akan melakukan mutasi mobil ini antara lain:

Biaya pendaftaran tidak ada sehingga kita akan langsung masuk pada biaya cek fisik kendaraan dimana pada tahap ini biaya ini hanya diperlukan 30 ribu saja.
Selanjutnya akan ada pengecekan pada fisik mobil kita dan juga akan diperiksa segala surat yang sudah kita bawa sehingga proses mutasi akan segera dimulai.
Jika sudah maka kita akan diminta biaya 75 ribu sebagai biaya mutasi.
Namun tahap mutasi belum berhenti sampai disitu karena kita masih harus melanjutkan tahap ke pengambilan berkas dan juga masih ada tahapan untuk membayar biaya mutasi sesuai dengan jenis kendaraan.

Biaya yang diperlukan untuk mutasi ini memang berbeda-beda setiap kendaraan dan juga bisa kita pilih mana yang paling sesuai. Biasanya biaya mutasi pada akhirnya adalah sekitar 300 ribuan. Biaya ini hanya akan kita keluarkan sekali saja pada saat melakukan mutasi. Selebihnya tidak akan ada biaya lain yang akan kita keluarkan pastinya.

Jika sudah melakukan mutasi ini maka nama kendaraan mobil kita akan berubah jadi atas nama kita yang melakukan mutasi. Pada dasarnya proses mutasi ini tidak sulit dan juga bisa dibilang sangat sederhana sekali. Akan tetapi ada banyak orang yang malas melakukan mutasi ini karena beberapa alasan. Biaya mutasi mobil ini sebenarnya bisa dibilang juga cukup terjangkau sehingga akan membuat kita cukup mudah juga.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online