Wednesday, 1 February 2017

Syarat Pinjam Uang di Bank untuk Membeli Rumah

Syarat pinjam uang di bank
Syarat pinjam uang di bank 

Untuk membeli rumah, solusi paling banyak yang dilakukan adalah dengan cara kredit. Cara tersebut dilakukan karena harga rumah dan tanah yang semakin lama semakin mahal dan tidak semua orang memiliki dana dalam jumlah yang besar yang dapat digunakan untuk membeli rumah. Kredit rumah biasanya ditawarkan oleh bank dengan limit tertentu yang dapat mencapai Rp 5 milyar dan tenor yang mencapai 10 tahun. Syarat pinjam uang di bank untuk membeli rumah tersebut adalah memiliki pekerjaan sebagai pekerja tetap, wiraswasta ataupun profesional. Karena hal tersebut, freelancer atau pekerja lepas susah untuk mengajukan kredit rumah tersebut.

Terdapat beberapa tips untuk pekerja lepas agar tetap dapat mengajukan kredit rumah ke bank dan disetujui. Pertama yaitu pastikan Anda memiliki riwayat pengeluaran bulanan. Hal tersebut dimaksudkan agar bank tempat tujuan Anda untuk mengajukan kredit rumah tersebut menilai bahwa Anda merupakan pekerja lepas yang produktif dan mempunyai penghasilan yang mencukupi atau lebih dari persyaratan yang diajukan. Anda juga dapat menjelaskan ke pihak bank mengenai pengeluaran yang dilakukan seperti sewa rumah ataupun konsumsi atau pengeluaran bulanan. Jika Anda memiliki kartu kredit atau cicilan yang lain, Anda dapat menyertakan ke riwayat tersebut dan memastikan ke bank jika Anda mampu untuk membayar tepat waktu.

Kedua adalah pastikan uang tabungan yang ada di rekening Anda melebihi dari uang bulanan untuk pengeluaran. Misalnya jika setiap bulannya Anda membutuhkan pengeluaran sekitar Rp 3 juta maka di tabungan Anda setidaknya harus memiliki nominal sebesar Rp 6 juta atau 2 kali lipat dari pengeluaran. Akan lebih baik jika simpanan yang ada di tabungan Anda lebih dari 2 kali lipat misalnya 4 kali lipat atau 6 kali lipat karena semakin besar uang simpanan di bank maka semakin besar kemungkinan KPR tersebut disetujui.

Ketiga adalah laporan atau besar dari pemasukan yang Anda terima di setiap bulannya. Bank menerapkan syarat pinjam uang di bank dengan penghasilan umumnya minimal Rp 2-3 juta namun ada yang minimal penghasilan per bulannya sebesar Rp 5 juta. Walaupun Anda merupakan pekerja lepas, namun Anda pastinya memiliki gambaran tentang kisaran berapa uang yang Anda terima per bulannya sebagai pekerja lepas. Semakin besar penghasilan yang diterima maka kemungkinan diterima atau disetujui juga akan semakin besar. Jangan lupa untuk menyertakan NPWP sehingga penghasilan yang Anda terima tersebut dapat dilacak dan telah dipotong pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Keempat adalah jangan lupa untuk terus berusaha. Hal tersebut dikarenakan status sebagai pekerja lepas yang umumnya dikenal tidak memiliki pendapatan yang tetap sehingga bank tidak jarang harus berfikir dan menimbang apakah Anda layak untuk mendapatkan kredit rumah tersebut dengan besar sesuai yang Anda ajukan. Pada umumnya, jika pekerja lepas yang bekerja masih dalam hitungan bulan, untuk kredibilitasnya masih dipertanyakan oleh bank sehingga tidak jarang lebih banyak yang ditolak daripada yang diterima.

Syarat pinjam uang di bank untuk jenis KPR yang diajukan oleh pekerja lepas atau freelancer sama seperti calon debitor yang mempunyai pekerjaan tetap. Syarat umum untuk mengajukan kredit rumah yaitu:

  • Merupakan warga negara Indonesia dan tinggal di Indonesia serta dibuktikan dengan adanya KTP yang dilampirkan saat pengajuan kredit.
  • Batas usia minimal 21 tahun dan batas maksimal saat kredit habis adalah 60 tahun.
  • Memiliki penghasilan yang lebih dari batas penghasilan yang ditentukan.
  • NPWP.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online