Wednesday, 15 February 2017

Mekanisme dan Biaya Perpanjang STNK

Biaya Perpanjang STNK
Biaya Perpanjang STNK

Memiliki kendaraan bermotor, tentunya ada beberapa komponen yang harus dibayarkan sebagai kelengkapan dalam berkendara seperti Surat Ijin Mengemudi dan Surat Tanda Nomor Kendaraan. Kedua komponen kelengkapan dalam berkendara ini memang wajib dimiliki oleh setiap orang yang menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya. Untuk Surat Ijin Mengemudi, pada umumnya akan diperpanjang jika masa berlakunya telah usia dengan kurun waktu 5 tahun masa berlaku. Namun untuk STNK, surat ini akan dikenakan sejumlah pembiayaan setiap satu tahun sekali, dengan membayarkan sejumlah nominal pajak pada dinas yang terkait. Lalu sebetulnya berapa biaya perpanjang STNK yang harus dibayarkan oleh para pemilik kendaraan bermotor?

STNK merupakan surat nomor kendaraan yang dimiliki oleh seorang pemilik kendaraan bermotor, dimana didalamnya berisi tentang identitas pemilik kendaraan serta identitas dari kendaraan yang terkait. Masa berlaku dari STNK ini adalah 5 tahun, namun setiap tahunnya para pemilik kendaraan harus membayarkan pajak yang terkait dengan STNK tersebut. Besaran pajak yang dikenakan bagi para pemilik kendaraan akan bergantung pada jenis kendaraan dan tahun pembuatan dari kendaraan tersebut.

Ketika seseorang akan melakukan perpanjangan STNK, maka orang tersebut harus melalui beberapa tahap untuk dapat melakukan perpanjangan dengan optimal dan benar. Adapun beberapa tahap yang harus dilakukan untuk perpanjangan STNK adalah:

  • Menyiapkan dokumen yang terkait untuk perpanjangan STNK yaitu BPKB, KTP dan STNK asli itu sendiri.
  • Menduplikasikan dokumen-dokumen tersebut dalam bentuk fotocopy untuk dilampirkan dalam aplikasi pengajuan perpanjangan.
  • Melakukan cek fisik kendaraan bermotor yang meliputi pengecekan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan.
  • Mengisi formulir pengajuan perpanjangan STNK dengan data yang sesuai dengan data yang terdapat pada STNK dan BPKB, dimana formulir tersebut dapat diperoleh pada loket pendaftaran yang terdapat di Samsat setempat.
  • Serahkan formulir dan berkas yang diminta pada loket penyerahan berkas.

Setelah semua tahapan diatas, tunggulah hingga nama yang dicantumkan dalam formulir sebelumnya dipanggil untuk diberikan slip pembayaran pajak dan biaya perpanjang STNK tersebut. Lakukanlah pembayaran sesuai dengan nominal yang diberikan sebelumnya pada loket kasir. Setelah pembayaran dilakukan maka Anda akan diberikan bukti pelunasan, yang nantinya akan Anda gunakan untuk mengambil STNK baru yang telah dikeluarkan oleh petugas terkait. Semua proses tersebut dapat Anda lakukan dalam pelayanan satu atap dengan hasil satu hari di Samsat terdekat dan sesuai dengan data STNK terkait.

Untuk besaran nominal pembiayaan yang dikenakan pada pemilik kendaraan terkait dengan perpanjangan STNK telah ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan peraturan terbaru yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016, yang merupakan peraturan terbaru tentang penetapan tarif pajak bagi kendaraan bermotor. Adapun besaran biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik kendaraan berdasarkan peraturan tersebut adalah:

  • Penerbitan STNK baru roda 2 dan 3 sebesar 100 ribu rupiah.
  • Penerbitan STNK perpanjangan roda 2 dan 3 sebesar 100 ribu rupiah.
  • Penerbitan STNK baru roda 4 atau lebih sebesar 200 ribu rupiah.
  • Penerbitan STNK perpanjangan roda 4 atau lebih sebesar 200 ribu rupiah.

Untuk besaran biaya perpanjang STNK yang harus dibayarkan oleh para pemilik kendaraan bermotor, biasanya akan digabungkan dengan besaran nominal pajak-pajak lainnya yang terkait. Sehingga nominal pembayaran yang harus dilakukan oleh para pemilik kendaraan bermotor adalah nominal biaya penerbitan STNK dan biaya pajak didalamnya. Memperpanjang STNK sesuai dengan masa berlakunya akan menjadikan Anda terhindar dari sanksi administrasi yang mungkin akan menambah beban pembayaran STNK.

Referensi :

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online