Sunday, 5 February 2017

Cara Melunasi Hutang untuk yang Bergaji Pas-pasan

cara melunasi hutang
cara melunasi hutang

Memiliki hutang menjadi keinginan terakhir dari setiap orang karena dapat menjadi beban tersendiri untuk seseorang terutama jika hutang yang dimiliki dalam jumlah yang cukup besar dan Anda memiliki gaji yang pas-pasan. Terdapat beberapa sikap atau cara melunasi hutang yang dapat terapkan di kehidupan sehari-hari Anda sehingga Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari namun juga tetap dapat melunasi hutang Anda secara perlahan.

Pertama adalah membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Hal tersebut dikarenakan salah satu yang menyebabkan hutang yang menumpuk adalah tidak dapat membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Misalnya, saat berbelanja untuk membeli bahan makanan tertentu, Anda melihat sesuatu yang menarik seperti tas dan tanpa memikirkan lebih jauh sehingga uang Anda terbuang dengan percuma atau menimbulkan sikap shopaholic. Untuk menghemat pengeluaran, Anda harus dapat ‘mengerem’ keinginan Anda dan menekan pengeluaran Anda sehingga lebih hemat.

Kedua adalah berhenti untuk komplain mengenai berapa besar gaji Anda saat ini. Hal tersebut dikarenakan akan membuat Anda semakin stress, kurang produktif serta membuat Anda tidak dapat berfikir jernih untuk dapat mengatur keuangan Anda. Anda tetap harus mengingat berapa besar gaji yang Anda miliki untuk membantu mengatur kesehatan keuangan Anda dan membantu untuk ‘mengerem’ keinginan untuk berbelanja atau mengeluarkan uang untuk hal yang kurang berguna atau kurang bermanfaat dalam jangka waktu yang dekat serta membantu Anda untuk menyemangati diri Anda sendiri agar dapat bekerja secara produktif.

Ketiga adalah tekad. Cara melunasi hutang ini dapat membantu Anda untuk dapat bertahan dan mengendalikan diri Anda. Tekad tersebut juga bermanfaat untuk mencari cara yang lebih banyak untuk mendapatkan uang sehingga dapat digunakan untuk melunasi hutang. Walaupun Anda memiliki jumlah hutang yang sedikit namun tidak memiliki tekad dan niat untuk melunasinya, maka Anda juga tidak dapat untuk melunasi pinjaman tersebut dalam jangka waktu yang sudah disepakati sebelumnya.

Keempat adalah membiasakan diri untuk menulis anggaran keuangan. Baik Anda memiliki pendapatan yang pas-pasan atau yang bukan, Anda tetap harus membuat laporan keuangan untuk Anda sendiri. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya anggaran keuangan dapat bermanfaat untuk beberapa hal, seperti:

  • Dapat membantu Anda untuk memperhitungkan gaji yang Anda peroleh per bulannya tersebut sesuai dengan kebutuhan sehingga pengalokasian gaji menjadi lebih tepat.
  • Membantu untuk mengevaluasi pengeluaran dan pemasukan yang Anda lakukan sehingga jika terdapat pengeluaran yang melebihi dari anggaran yang ditentukan sebelumnya atau terdapat anggaran tambahan, maka Anda dapat mengurangi jumlah dana untuk anggaran tersebut atau menyesuaikan dengan situasi dan kondisi namun tetap tidak melebihi jumlah pendapatan yang dimiliki.
  • Membantu untuk menentukan jenis hutang mana yang harus dilunasi terlebih dahulu misalnya hutang yang memiliki suku bunga yang paling besar terlebih dahulu. Hal itu disebabkan besar suku bunga tanpa disadari dapat menyebabkan hutang Anda menjadi menumpuk walaupun jumlah hutang pokok tidak terlalu besar.

Kelima adalah menabung dan membuat usaha atau mendapatkan pekerjaan sampingan. Salah satu yang menyebabkan hutang terus menumpuk adalah sifat boros serta tidak adanya back up atau cadangan hutang yang dapat digunakan untuk membayar hutang tersebut ketika uang tunai yang dipegang jumlahnya lebih sedikit dari hutang. Sedangkan cara melunasi hutang dengan mengambil pekerjaan atau membangun usaha sampingan untuk memperoleh pendapatan tambahan sehingga dapat melunasi hutang sesuai dengan yang ditentukan.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online