Wednesday, 18 January 2017

Syarat Kartu Kredit di Saat Butuh Uang

butuh uang
butuh uang

Saat ini butuh uang dan bisa mendapatkannya dalam waktu singkat bukanlah suatu hal yang mustahil. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk bisa mendapatkan sejumlah uang dalam waktu yang relatif cepat. Salah satunya adalah melalui cara meminjam uang di bank. Bahkan saat Anda tidak memiliki harta atau aset yang bisa dijadikan jaminan pinjaman, ini bukanlah jadi masalah yang berarti.

Saat dihadapkan pada tawaran mengambil pinjaman di bank di kala butuh uang apalagi jenis pinjaman yang tidak membutuhkan jaminan, umumnya banyak orang yang akan berfikir ulang karena membayangkan beratnya memenuhi syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman ini. Salah satunya yang memberatkan adalah, adanya syarat yang meminta calon nasabah untuk memiliki dan menunjukkan kartu kredit. 

Tapi itu dulu. Kini syarat mendapatkan persetujuan mengambil pinjaman kredit tanpa agunan di bank jadi makin mudah karena syarat kepemilikan kartu kredit kini mulai ditiadakan. Syarat kartu kredit ini kini dirubah menjadi surat keterangan gaji atau slip gaji bulanan yang diterima calon nasabah dari perusahaan tempatnya bekerja. Tentunya syarat yang kedua ini jauh lebih memudahkan bagi banyak kalangan untuk mengajukan jenis pinjaman KTA ini.

Namun meskipun makin mudah, bagi Anda yang hendak mengambil pinjaman di bank layaknya mempertimbangkan banyak aspek sebelum memutuskan mengambil jenis pinjaman ini. Pertimbangan pertama adalah aspek keamanan pembayaran, dimana Anda harus yakin bahwa Anda mampu melakukan pembayaran cicilan bulanan yang disepakati. Pertimbangan kedua, upayakan untuk meminimalisir niatan meminjam dana dikarenakan kebutuhan konsumtif yang tidak mendesak. Kemudian pertimbangan selanjutnya, upayakanlah agar saat Anda mengambil pinjaman ini tujuannya adalah untuk dapat memenuhi kebutuhan dana mendesak yang bersifat produktif misalkan saja untuk keperluan permodalan usaha, pembelian stok barang dagangan dan sejenisnya. Dengan jenis pinjaman dengan tujuan produktif, maka kemungkinan terjadinya kredit macet lebih kecil bila dibandingkan dengan pengambilan pinjaman dengan tujuan konsumtif belaka.

Ada baiknya sebelum Anda memutuskan mengambil jenis pinjaman KTA yang tidak mensyaratkan kartu kredit, Anda harus tahu apa saja kerugian dan resiko yang bisa Anda hadapi saat mengambil pinjaman ini. Adapun beberapa resiko dan kelemahan dari jenis pinjaman KTA tanpa syarat kartu kredit ini adalah:

  • KTA tanpa syarat kartu kredit akan menerapkan suku bunga pinjaman yang sangat tinggi demi bisa menjaga resiko dari terjadinya kredit macet, terlebih di saat tidak adanya aset yang bisa diamankan saat hal ini terjadi. Suku bunga yang ditetapkan jumlahnya minimal 3% per bulannya. Tentunya ini sangat besar bila dibandingkan suku bunga KTA yang umum diterapkan yaitu sebesar maksimal 1% perbulan.
  • KTA ini umumnya menetapkan plafon pinjaman yang sangat terbatas dan dengan tenor pinjaman yang cukup singkat. Plafon pinjaman umumnya ditetapkan hanya sampai Rp. 10 juta dan bisa dikembalikan dalam waktu 1 tahun saja.
  • Jumlah pembayaran angsuran berupa cicilan dinilai cukup tinggi di tiap bulannya akibat dari penetapan suku bunga yang juga tinggi dan dalam waktu pelunasan yang juga terhitung singkat. Bila tidak dipersiapkan dengan baik, tentunya hal ini akan sangat membebani peminjamnya saat melakukan pembayaran. Itulah sebabnya pertimbangan yang matang dan bijak mengenai kemampuan pembayaran ini sangat diperlukan.

Namun apapun cara yang Anda lakukan saat butuh uang dalam keadaan terdesak, tetap bijaklah dan pertimbangkan masak-masak langkah yang akan Anda ambil. Jangan sampai pilihan jenis pinjaman yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi justru kelak akan menyulitkan Anda di belakang hari.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online