Tuesday, 3 January 2017

Sertifikat Deposito Penuh Manfaat


Jika Anda sering berurusan dengan perbankan, Anda pasti sering mendengar tentang istilah deposito. Deposito sendiri adalah salah satu bentuk investasi yang mirip tabungan, hanya saja Anda tak bisa mengambilnya dalam waktu yang sudah ditentukan. Tapi ada lagi produk perbankan yang menggunakan nama mirip meski artinya tak sama, yaitu Sertifikat Deposito atau sering disingkat SD. Tahukah Anda apa SD itu?

Pada dasarnya SD merupakan surat berharga yang memiliki nominal tertentu dan diproduksi oleh bank. Jadi ketika Anda memiliki SD, maka SD ini bisa ditukarkan atau didagangkan sehingga Anda mendapatkan sejumlah nominal yang tertulis di atasnya. Surat ini merupakan surat atas tunjuk, alias siapa saja yang memegangnya bisa mencairkan pinjaman uang dari SD, dan bisa memperdagangkannya. Surat ini bervariasi dalam urusan jangka waktunya, tapi biasanya Anda akan bisa menemukannya untuk tempo mulai 1 bulan sampai 1 tahun.

Sekarang, Anda sudah lebih mengerti tentang SD, bukan? Beda dengan deposito, SD memiliki karakteristik sebagai berikut yang harus Anda perhatikan:

  • Suku bunga dari SD telah dihitung sejak awal dan langsung dibayar di muka.
  • Tidak mudah untuk memperpanjang jangka waktu dari SD, karena Anda harus mencairkannya lebih dahulu dan mengikuti prosedur khusus.
  • Tidak ada nama nasabah yang ditulis di dalam SD, sehingga siapa saja yang memegangnya secara teknis berhak atas surat berharga tersebut dan bisa mencairkan dana di dalamnya.
Karena karakteristiknya itulah, Anda mungkin sudah bisa menebak bahwa Sertifikat Deposito ini memiliki bahaya tersendiri, apalagi untuk Anda yang sering sembrono maupun tak hati-hati dalam menyimpan barang berharga. Awasi agar Anda yang memiliki SD tak mengalami kecurian. SD bisa dengan mudah diambil siapa saja yang mengetahui apa surat itu sebenarnya, dan langsung mencairkannya ke bank, tanpa perlu menjawab pertanyaan atau alasan khusus. Ini yang membuat Anda harus sangat hati-hati.

SD ini juga tidak bisa Anda ambil sebelum jangka waktunya tiba, dan Anda yang nekat menariknya bakal terkena denda. Tapi hal yang sama juga bisa berlaku untuk deposito maupun bentuk investasi lain, dan makanya, Anda harus berhati-hati. Jika Anda tahu bahwa SD yang Anda miliki ternyata ada di tangan orang lain tanpa izin Anda, segeralah minta bank untuk melaporkan bahwa Anda kehilangan surat berharga tersebut, dan meminta bank untuk memblokirnya agar tak ada uang Anda yang diambil.

Meskipun demikian, SD ini juga memiliki keuntungan lain yang perlu Anda perhitungkan sebagai alat investasi, seperti cara cepat dapat uang dan hal berikut ini:

  • Anda bisa memperdagangkannya dengan bebas
  • Kalau Anda mau, Anda bisa menjualnya dengan bebas jika Anda membutuhkannya, dan kalau ada yang membutuhkan dan Anda ingin membantu, Anda bisa menjualnya kepada yang memerlukannya tersebut.
  • Bunganya langsung diketahui
  • Anda bisa langsung tahu berapa dana yang bakal Anda dapatkan dari awal. Dengan demikian, Anda akan bisa mengalokasikan dana yang didapatkan tersebut untuk investasi yang lainnya.
  • Suku bunganya tetap
  • Untuk beberapa hal, suku bunga yang tetap ini akan sangat menguntungkan karena Anda tak perlu khawatir dengan kondisi pasar.

Selain itu, Anda juga tak perlu khawatir karena Sertifikat Deposito ini juga sudah dijamin dalam Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Jadi jika ada masalah, dana yang sudah Anda miliki tersebut tidak akan terganggu, bahkan ketika bank yang menyediakan SD tersebut mengalami pailit sekalipun. Anda juga bisa menggunakan surat ini sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online