Saturday, 21 January 2017

Pinjam Uang di Bank Syariah Itu Menguntungkan

Pinjam Uang di Bank Syariah
Pinjam Uang di Bank Syariah

Ingin meminjam uang namun Anda merasa ragu untuk memanfaatkan pinjaman yang disediakan oleh bank-bank konvensional? Kalau begitu, Anda akan memerlukan pinjam uang di bank syariah sebagai alternatifnya. Berbeda dengan bank konvensional, bank syariah melakukan kegiatannya dengan berbasis syariat Islam, dan ini sangat terlihat dari sistemnya ketika Anda mengajukan pinjaman. Siapa saja bisa meminjam di bank ini.

Meskipun bank ini menggunakan sistem yang berbasis syariat Islam, namun siapa saja, bahkan non-Muslim sekalipun, bisa memanfaatkan layanan dan produk yang dihasilkan oleh bank ini. Anda akan bisa mendapatkan pinjaman seperti di bank-bank konvensional lainnya, misalnya pinjaman yang tak memerlukan agunan, pinjaman untuk membeli mobil, maupun pinjaman untuk membeli rumah.

Lantas, apa yang membuat pinjam uang di bank syariah berbeda dibandingkan dengan bank lainnya? Untuk menjawabnya, mari lihat perbedaannya berikut, yang juga menjadi kelebihan dari bank syariah:
  • Tak ada bunga
  • Bunga adalah riba yang tak sesuai dengan syariat Islam. Jadi tentu saja Anda tak akan menemukan sistem bunga di sini. Sebagai gantinya, Anda akan mendapatkan sistem bagi hasil yang mengutamakan pada sistem mitra.
  • Anda dan bank ada di posisi seimbang
  • Dalam bank konvensional, bank memiliki posisi yang lebih tinggi dari Anda sebagai nasabah, di mana Anda yang harus mengikuti aturannya. Beda dengan bank syariah, Anda bisa menegosiasikan harga yang bakal Anda pinjam dan juga kembalikan, serta jangka waktunya. Semua membuat Anda ada di posisi setara.
  • Keadilan dijunjung tinggi
  • Prinsip utama lain dari bank syariah adalah keadilan. Di antara Anda dan bank adalah hubungan yang bebas dari kecurigaan, dan sama-sama mendapatkan keuntungan sendiri.
  • Angsuran tetap
  • Anda juga mendapatkan fasilitas angsuran yang tepat, membuat Anda mampu membayar dengan lebih teratur dan terencana, tak harus melihat kondisi pasar terus-menerus.
Selain itu, Anda juga akan mendapatkan keuntungan bank syariah lainnya, seperti:
  • Bisa mendapatkan produk yang beragam dari bank syariah, bahkan untuk pinjaman sehingga Anda bisa melakukan umroh maupun naik haji. Ini jelas tak ada di produk dari bank konvensional.
  • Anda juga bisa meminjam untuk usaha Anda, dengan menggunakan akad seperti ijarah. Akad ini akan membuat Anda dan bank bisa saling membagi usaha, dengan pembagian keuntungan yang sudah disepakati sebelumnya.
  • Pinjaman ini bisa fleksibel sifatnya, dan bisa dipakai untuk macam-macam keperluan. Anda terutama bisa memakainya untuk meminjam demi kebutuhan konsumtif maupun produktif.
  • Ada pengawasan yang ketat terhadap sistem yang dipakai, sehingga memastikan bahwa memang syariat Islam ditetapkan dengan benar. Ini mengurangi kemungkinan bank mencurangi Anda.
Anda yang ingin meminjam di bank syariah cukup memenuhi persyaratan dasar seperti bank konvensional lainnya. Hanya saja:
  • Anda harus bisa membuktikan bahwa uang yang Anda pinjam akan dipakai untuk keperluan yang positif, tak melanggar aturan. Ini benar-benar akan diperiksa.
  • Kalau Anda ingin mengajukan pinjaman untuk usaha, maka pemeriksaan untuk apa usaha Anda tersebut akan lebih ketat lagi, karena tak semua jenis usaha diperbolehkan.
Sisanya, seperti umur, lokasi Anda, berkas-berkas data diri, dan masih banyak lagi yang lainnya sama saja dengan bank konvensional. Memang, ketika pinjam uang di bank syariah, perbedaan utama yang akan Anda rasakan adalah karena bank dan nasabah ada di posisi setara, membuat suasana juga jadi lebih saling menghormati dan kekeluargaan. Ini yang bagi banyak orang menjadi hal menarik dari bank syariah.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online