Saturday, 7 January 2017

Merencanakan Biaya Kuliah Kedokteran Anak

Biaya Kuliah Kedokteran
Biaya Kuliah Kedokteran

Memiliki putra-putri yang tumbuh remaja dan bersekolah di akhir jenjang sekolah tingkat atas berarti Anda harus bersiap dengan biaya pendidikan tingkat lanjut yaitu perkuliahan. Pemilihan universitas negeri maupun swasta yang baik terkadang juga dapat dilihat dari biaya perkuliahannya. Pemilihan fakultas atau jurusan pendidikan juga membuat biaya kuliah satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya berbeda. Sampai saat ini biaya kuliah kedokteran menjadi biaya kuliah termahal dibandingkan pemilihan jurusan lain di semua universitas. Hal ini tentu saja sesuai dengan beban biaya selama masa pendidikan karena jurusan kedokteran membutuhkan banyak sekali jenis-jenis praktik yang menggunakan model asli yang berharga mahal.

Jika putra atau putri Anda memiliki minat di bidang kesehatan terutama menjadi seorang dokter, maka kewajiban Anda sebagai orang tua adalah mendorongnya dengan maksimal. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menyiapkan biaya perkuliahan sejak dini. Uang kuliah fakultas kedokteran berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 50 juta di universitas negeri. Untuk universitas swasta biaya dapat mencapai Rp 50 juta hingga Rp. 100 juta rupiah. Namun kini sebagian besar universitas juga menyediakan sistem pembayaran per semester dengan nominal yang tetap.

Untuk dapat mewujudkan harapan putra-putri Anda ada beberapa cara yang dapat dipersiapkan, diantaranya:

  • Mengikuti asuransi pendidikan

Saat ini banyak asuransi perbankan yang menawarkan plafon asuransi khusus untuk pendidikan. Premi nya dapat Anda sesuaikan dengan keadaan ekonomi Anda sehingga dapat direncanakan tanpa membebani keuangan keluarga. Plafon dapat diambil jika umur anak mencapai usia masuk kuliah atau setelah ia lulus sekolah menengah atas. Dengan asuransi pendidikan Anda dapat menyiapkan biaya kuliah kedokteran yang terbilang mahal dengan lebih terencana.

  • Mengikuti deposito bulanan berjangka

Jika sistem asuransi kurang sesuai dengan Anda, maka penggunaan deposito berjangka dengan sistem pembayaran bulanan maupun sekali di awal periode dapat membantu menyimpan dana yang akan Anda gunakan untuk membiayai kuliah putra-putri Anda.

Cara di atas adalah cara jangka panjang yang dapat dilakukan sejak dini, sedangkan untuk merencanakan biaya pendidikan jangka pendek dapat dilakukan dengan cara seperti berikut ini:

  • Perhatikan sistem pembayaran per universitas

Saat ini universitas negeri sudah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal yang dibayarkan per semester dengan nominal yang tetap sehingga Anda dapat memperkirakan mana yang sesuai dengan kemampuan Anda. Namun ada juga universitas yang masih membagi-bagi uang kuliah menjadi uang masuk, uang sumbangan pembangunan, uang pangkal dan uang SKS. Jika putra-putri Anda mampu masuk ke universitas dengan sistem bayar UKT maka akan lebih menguntungkan karena nominalnya sudah ditetapkan sebelumnya.

  • Cari tahu kenaikan biaya per tahun

Terkadang sistem UKT juga melakukan kenaikan biaya per tahun, bertanyalah pada mahasiswa di sana berapa kenaikan rata-rata per tahunnya agar Anda lebih siap dalam perencanaan keuangan.

Pendidikan merupakan hak setiap anak bangsa dan juga merupakan kewajiban setiap warga negara. Jika Anda memiliki putra-putri yang berprestasi yang dapat dibuktikan dengan nilai rapor dan surat keterangan prestasi dari sekolah dan keadaan ekonomi Anda tidak mendukung untuk memiliki dana biaya kuliah kedokteran maka Anda dapat mengurus surat keterangan tidak mampu dan surat keterangan dari sekolah anak terdahulu. Surat-surat tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan beasiswa berprestasi dari keluarga yang kurang mampu agar putra-putri Anda dapat menyelesaikan studinya sampai jenjang S1 tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Referensi :


No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online