Tuesday, 3 January 2017

Kurs Mata Uang Rupiah Ini Perlu Anda Ketahui

kurs mata uang Rupiah
kurs mata uang Rupiah

Banyaknya negara di dunia menjadikan beragam kebiasaan yang ada di setiap negara juga berbeda, salah satunya adalah sistem pembayaran yang dilakukan yakni dengan menjadikan nilai mata uang yang berbeda-beda nilai tukar nya. Misalnya Indonesia memiliki mata uang dengan nama rupiah, tentunya akan berbeda nilainya dengan nilai mata uang ringgit. Hal tersebut biasanya disesuaikan dengan mata uang dollar karena secara garis besar mata uang dollar memiliki nilai yang stabil dalam perkembangannya. Jika Indonesia ingin melakukan suatu perdagangan internasional maka sudah menjadi hal yang mutlak Indonesia harus memiliki nilai tukar yakni kurs mata uang Rupiah dengan satuan nilai yang pasti.

Setelah Anda mengetahui konsep dasar mengapa ada kurs mata uang yang berlaku di dunia, sebaiknya Anda juga memahami lebih detail mengenai kurs mata uang berikut ini:

Pengertian kurs,
Secara sederhana kurs dapat diartikan sebagai nilai tukar mata uang atau dapat juga diartikan sebagai perbandingan suatu mata uang dengan mata uang lainnya. Dengan demikian kurs mata uang Rupiah dapat diartikan nilai tukar mata uang rupiah dengan mata uang lainnya misalnya dengan mata uang dollar. Kurs sangat penting sekali sebab untuk menentukan berapa nilai atau harga mata uang untuk ditukarkan misalnya sebagai keperluan transaksi yang berskala internasional.

Macam-macam kurs,
Sesuai dengan pembagiannya, kurs dibedakan menjadi tiga macam yakni sebagai berikut:

  • Kurs jual, yakni sesuai dengan namanya jual adalah saat bank menjual mata uang valuta asing dengan rupiah atau saat Anda melakukan penukaran mata uang rupiah dengan mata uang asing.
  • Kurs beli, yakni kenaikan dari kurs jual saat bank maupun valuta asing membeli mata uang rupiah atau saat Anda menukarkan mata uang asing dengan mata uang rupiah.
  • Kurs tengah, adalah kurs yang posisinya berada di tengah yakni antara jual dan beli atau dengan kata lain dapat dikatakan kurs ini adalah hasil bagi dari penjumlahan antara kurs jual dengan kurs beli).

Cara menentukan kurs,
Ada beberapa cara untuk menentukan kurs atau nilai mata uang yakni sebagai berikut:

  • Kurs tetap, ditentukan dari nilai atau perkembangan devisa terhadap nilai tukar rupiah. Hal ini suatu negara harus menetapkan suatu mata uang yang akan dapat ditukarkan dengan nilai tukar mata uang lainnya.
  • Kurs bebas, disebut juga dengan kurs untuk devisa mengambang karena memang ini bergantung pada tarik-menarik dari kekuatan pasar yang sedang berkembang dalam permintaan maupun penawaran.
  • Kurs distabilkan, kurs yang ditetapkan dalam nilai tukar yang penentuannya ditetapkan pada kekuatan pasar. Tidak heran jika perkembangan kurs ini sering naik atau turun dengan pengendalian oleh bank sentral di setiap negara.

Itulah beberapa hal yang terkait nilai kurs. Anda sebagai warga negara Indonesia juga sebaiknya mengetahui kurs mata uang Rupiah dengan perbandingan nilai mata uang luar negeri, minimal nilai tukar nya dengan dollar. Karena penting sekali untuk mengetahui nilai mata uang asing, sebab nilai kurs akan berpengaruh dengan perdagangan pada valuta asing yang meskipun berlangsung pada beberapa pusat keuangan yang persebarannya ada di beberapa negara di seluruh dunia. Keadaan kurs yang stabil juga akan berpengaruh pada keseimbangan nilai suku bunga mata uang suatu negara.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online