Tuesday, 17 January 2017

Jenis Pinjaman BPR dalam Mendukung Usaha

Pinjaman BPR
Pinjaman BPR

Bank Perkreditan Rakyat atau disingkat BPR adalah salah satu jenis bank yang beroperasi di Indonesia, yang bertugas melayani kebutuhan permodalan masyarakat yang ingin mengembangkan atau baru memulai usaha namun tidak memiliki ketersediaan modal. Di BPR, masyarakat yang berniat menjalankan usaha atau kekurangan modal usaha bisa mengajukan kredit atau pinjaman dengan syarat dan ketentuan yang dimiliki pihak BPR. Umumnya, jenis pinjaman BPR diarahkan untuk membantu permodalan jenis usaha kecil menengah atau biasa di sebut UKM.

Selain memberikan pinjaman, BPR sebagai lembaga keuangan Perbankan juga memiliki produk finansial lainnya seperti produk tabungan atau simpanan, deposito berjangka, dan produk keuangan lainnya. Namun tentu saja fokus utama dari tugas BPR adalah menyalurkan dana sebagai bentuk usaha dari BPR. Bentuk penyaluran dana tersebut adalah dengan memberikan pinjaman lunak kepada para pengusaha UKM dalam rangka mendukung keberlangsungan usahanya. Produk kredit atau pinjaman BPR banyak ragam jenisnya, dan dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa kriteria sesuai kebutuhan nasabah peminjam.

Bila dilihat dari segi tujuan pemakaian dana pinjaman, Jenis-jenis kredit BPR dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Kredit/ Pinjaman Produktif

Pinjaman Produktif adalah jenis kredit yang bertujuan untuk memperlancar jalannya proses usaha nasabah (debitur) agar produktivitas usahanya semakin meningkat. Jenis kredit produktif ini juga terbagi dalam beberapa bentuk, yaitu:

  • Kredit Modal Kerja

Jenis kredit atau pinjaman ini bertujuan untuk membiayai permodalan kerja dalam kegiatan umum yang terdapat dalam aktifitas usaha debitur.

  • Kredit investasi

Kredit ini bertujuan untuk membiayai pembelian barang modal usaha debitur untuk jangka waktu menengah atau panjang dalam jumlah pembiayaan yang relatif kecil.

  • Kredit/ Pinjaman Konsumtif

Pinjaman Konsumtif adalah jenis kredit bertujuan untuk membiayai pembelian barang kebutuhan debitur yang bersifat konsumtif.

Dari bermacam jenis produk pinjaman atau kredit BPR, prosedur pengembalian dana pinjaman tersebut akan dilakukan debitur dengan cara angsuran atau cicilan dalam jangka waktu yang telah ditentukan dan disepakati antara pihak nasabah selaku debitur dan juga pihak bank selaku kreditur. Jangka waktu mengangsur atau biasa dikenal pula dengan istilah tenor cicilan ini terbagi dalam dua cara yang bisa dipilih nasabah sesuai kemampuan finansial yang dimilikinya. Adapun tenor cicilan pinjaman di BPR ini antara lain:

  • Tenor cicilan jangka pendek, yaitu dimana produk kredit hanya berdurasi waktu maksimal satu tahun.
  • Tenor cicilan jangka panjang, yaitu dimana produk kredit berdurasi waktu lebih dari 1 tahun.

Dari jenis-jenis produk pinjaman atau kredit BPR ini, bentuk pencairan pinjaman dananya ditentukan dalam dua cara, yaitu:

  • Penarikan dana pinjaman secara sekaligus, dimana produk kredit yang diperoleh nasabah sesuai dengan permohonan pinjaman yang telah diajukan dapat diambil seluruhnya tanpa ada proses penundaan pencairan.
  • Penarikan sejumlah dana pinjaman secara bertahap, dimana produk kredit yang diperoleh nasabah sesuai permohonan pinjaman yang telah diajukan akan dicairkan dananya secara berkala sesuai ketentuan dari pihak BPR.

Bentuk pinjaman BPR yang diperuntukkan bagi keperluan konsumtif maupun kebutuhan produktif, terbagi dalam dua jenis produk, yaitu antara lain:

  • Produk pinjaman dengan jaminan, dimana pinjaman ini akan mensyaratkan agunan sebagai syarat utamanya. Umumnya produk pinjaman ini memiliki tenor jangka panjang dan dana yang diperoleh bisa mencapai sebesar taksiran nilai aset yang dijadikan jaminan.
  • Produk pinjaman tanpa jaminan, dimana pinjaman ini tidak mengharuskan adanya jaminan. Umumnya BPR akan memperhitungkan pinjaman ini melalui taksiran prospek usaha, loyalitas nasabah dan trust pihak kreditur terhadap nasabah peminjam.


No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online