Thursday, 19 January 2017

Jenis Bunga Perbankan untuk Program Pinjaman

Bunga Perbankan
Bunga Perbankan

Bagi sebagian orang, mungkin mereka tidak akan memahami cara perhitungan bunga pada saat melakukan pinjaman ataupun kredit di suatu bank. Mereka hanya cenderung ingin mengetahui besarnya bunga, jenis bunga serta besar angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Namun secara tidak sadar, tahukah Anda bahwa bunga yang dibebankan oleh pihak bank terdiri dari bermacam-macam jenis dengan perhitungan yang berbeda-beda sesuai dengan jenis pinjaman dan bunga yang dibebankan kepada nasabahnya. Oleh karena itulah mengenal jenis-jenis bunga perbankan menjadi wajib Kita ketahui, agar nantinya Kita tidak mudah terjebak pada jenis pinjaman dengan bunga yang terus meningkat.

Secara umum berdasarkan peraturan yang telah diberlakukan oleh Bank-bank di Indonesia, bunga pinjaman terdiri dari 3 jenis. Dimana masing-masing bunga dapat ditetapkan oleh pihak bank kepada nasabahnya, bergantung pada jenis pinjaman yang akan diambil oleh nasabah tersebut. Adapun jenis-jenis bunga pinjaman tersebut, antara lain adalah:

  • Bunga Flat

Bunga ini merupakan jenis bunga yang paling mudah perhitungannya, karena pinjaman dengan beban bunga flat, biasanya akan memiliki jumlah angsuran yang sama dengan bunga dan cicilan pokok yang sama pula. Pinjaman yang menggunakan sistem bunga flat ini, biasanya akan memiliki jumlah perhitungan yang proporsional sehingga para nasabah akan mengangsur pinjaman dengan jumlah yang sama setiap bulannya, seusai dengan jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya dengan pihak bank. Jenis bunga pinjaman ini, biasanya dapat Kita temui pada jenis-jenis kredit usaha ataupun peminjaman modal.

  • Bunga efektif

Bunga perbankan untuk jenis pinjaman ini, merupakan bunga dengan perhitungan yang berdasarkan pada sisa dari pokok hutang, dimana setiap bulannya, bunga yang dikenakan pada nasabah akan memiliki besaran yang berbeda tergantung pada pokok hutang yang tersisa. Meskipun nasabah biasanya akan memberikan angsuran yang sama setiap bulannya, namun perhitungan bunga akan tetap berbeda, sehingga angsuran jika terdapat nilai lebih pada angsuran, nantinya akan dipergunakan untuk memotong sisa pokok hutang yang ada. Jenis perhitungan bunga ini, biasanya banyak terdapat pada pinjaman-pinjaman jangka panjang seperti KPR maupun Kredit Investasi.

  • Bunga Anuitas

Merupakan jenis bunga yang dimodifikasi dari bunga efektif, jenis bunga ini juga akan memberikan perhitungan yang berbeda setiap periode dari jumlah pokok serta bunga yang harus dibayarkan oleh para nasabah bank. Meskipun nasabah pada umumnya akan membayar angsuran dengan besaran yang sama, namun pada kenyataannya perhitungan bunga ini akan menetapkan besarnya bunga yang terus menurun serta besarnya pokok hutang yang terbayarkan akan terus meningkat, meskipun pada awal angsuran, nasabah akan merasakan besaran bunga yang cukup tinggi, namun seiring berjalannya angsuran, besaran bunga tersebut akan secara otomatis menurun.

Jika seorang nasabah hendak mengajukan sebuah pinjaman kepada suatu bank, ada baiknya mereka menanyakan secara langsung kepada petugas terkait mengenai jenis bunga yang dikenakan serta perhitungan pokok pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang ditetapkan. Bertanya kepada petugas bank adalah hal wajib yang seharusnya dilakukan oleh semua nasabah, agar nantinya Kita menjadi lebih mengerti tentang cara perhitungan kredit yang Kita akses.

Setelah Anda mengetahui jenis bunga perbankan yang dikenakan pada pinjaman yang akan Anda akses, ada baiknya jika Anda memilih jenis pinjaman dengan perhitungan besaran bunga yang menguntungkan bagi Anda. Jangan memilih pinjaman dengan perhitungan bunga yang terus meningkat, pemilihan bunga dengan perhitungan menurun, mungkin dapat Anda jadikan sebagai sebuah solusi untuk memperingan nilai angsuran pokok pinjaman.


No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online