Monday, 9 January 2017

Dokumen yang Harus Dipenuhi Sebagai Syarat Kredit di Bank

Syarat Kredit di Bank
Syarat Kredit di Bank

Kebutuhan yang mendesak seringkali menjadikan diri Anda untuk mencari segala macam pinjaman dengan berbagai cara. Terkadang Anda dapat meminjam uang kepada seseorang yang dapat Anda pinjami, namun jika teman atau kerabat Anda tidak mampu meminjamkan maka satu-satunya cara adalah dengan pinjam uang ke bank. Namun tidak terkadang orang berpikir pinjam uang ke bank memerlukan tata cara yang cukup rumit, padahal sejatinya syarat kredit di bank adalah beberapa hal yang mudah untuk dipenuhi asalkan Anda tahu apa saja dokumen dan hal-hal lain yang perlu Anda penuhi sehingga Anda mendapatkan pinjaman. Berikut beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi untuk dapat melakukan pinjaman ke bank:

  • Foto copy KTP,

KTP atau Kartu Tanda Penduduk memang menjadi salah satu dokumen yang sangat penting dan selalu dibutuhkan guna mendata dalam hal apapun saat Anda berurusan yang membutuhkan data diri Anda. Tidak terkecuali dengan cara memperoleh pinjaman ke salah satu bank. Bahkan jika tidak ada KTP yang memiliki tempat tinggal daerah asal memerlukan adanya surat domisili sebagai keterangan tempat tinggal. Ini mengindikasikan bahwa KTP memang dokumen yang paling penting yang harus dimiliki oleh seseorang agar tercatat sebagai warga negara dimana ia tinggal.

  • Foto copy akta nikah,

Selain memerlukan KTP, saat Anda berusaha untuk mendapatkan pinjaman dari bank maka perlu adanya penyertaan surat akta nikah. Hal ini sebagai tanda bukti jaminan yang diberikan kepada pihak bank memang telah disepakati oleh bersama atau suami istri, dan jika suatu saat pihak bank ingin mengambil jaminan tersebut tidak ada lagi klaim bahwa ada salah satu pihak yang tidak mengetahui pinjaman di bank karena tidak menyertakan foto copy akta nikah sebagai syarat kredit di bank.

  • Foto copy KK,

Sebagai tanda bukti jumlah tanggungan dari kepala keluarga maka foto copy Kartu Keluarga pun menjadi penting untuk disertakan. Dengan melihat jumlah tanggungan dalam keluarga, pihak bank dapat memperkirakan kondisi keuangan Anda dan apakah Anda akan sanggup membayar pinjaman dari bank tersebut ke depannya.

  • Foto copy slip gaji,

Syarat yang satu ini memang terdengar cukup susah, namun tidak sebenarnya jika Anda mampu memenuhinya yakni sebagai pekerja di instansi pemerintah maupun di pihak swasta. Karena dengan slip gaji penting untuk disertakan sebelum Anda melakukan pinjaman ke bank karena dengan adanya data gaji atau penghasilan Anda setiap bulannya, maka pihak bank akan dapat memperkirakan jumlah pinjaman yang akan Anda pinjam tersebut akan dapat dibayarkan apa tidak. Jika iya, maka pihak bank tidak perlu khawatir untuk meminjamkan uang kepada Anda sebagai pihak debitur. 

  • Foto copy tabungan,

Hampir sama dengan syarat foto copy slip gaji, pihak bank juga perlu tahu bagaimana kondisi keuangan Anda apabila Anda memiliki sejumlah uang atau tabungan di bank. Biasanya pihak bank akan mengecek jumlah tabungan Anda selam tiga bulan terakhir.

  • Jaminan,

Jaminan sebagai syarat kredit di bank juga penting adanya agar pihak bank tidak meragukan lagi jumlah kekayaan yang Anda miliki sebagai suatu jaminan apabila Anda tidak mampu membayarkan uang kredit yang Anda pinjam. Jaminan ini biasanya berupa aset yang Anda miliki dan totalnya haruslah lebih tinggi dari jumlah uang yang Anda pinjam. Setiap bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda, jadi Anda harus pastikan sesuai dengan kriteria dari bank tersebut.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online