Wednesday, 11 January 2017

Ajukan Pinjaman Jangka Panjang untuk Memiliki Rumah

 Pinjaman Jangka Panjang
 Pinjaman Jangka Panjang 

Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok setelah sandang dan pangan. Akan tetapi, harga rumah yang kian hari kian meningkat membuat banyak orang memilih untuk melakukan kredit agar dapat membeli rumah sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan. Dengan pinjaman jangka panjang lewat KPR tersebut, Anda dapat memilih apakah akan membeli rumah petak ataupun rumah vertikal (rusunami atau rusunawa) ataupun untuk membeli ruko.

Terdapat langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk dapat mengajukan KPR sehingga dapat membeli rumah impian Anda. Pertama yaitu Anda harus mencari rumah yang akan Anda beli terlebih dahulu. Para developer tentunya akan giat untuk menawarkan rumah kepada calon konsumen dan Anda harus membandingkannya dengan teliti. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan rumah yang akan Anda pilih yaitu:
  • Kondisi dari rumah tersebut.
  • Akses menuju ke rumah tersebut.
  • Kondisi lingkungan di sekitar rumah tersebut.
  • Fasilitas yang diberikan misalnya apakah mendapatkan pasokan air dan listrik yang memadai atau tidak.
Kedua adalah menanyakan kepada developer atau orang yang ada di sekitar tempat tinggal tersebut terkait dengan rumah yang akan Anda beli. Hal-hal yang dapat Anda tanyakan misalnya harga rumah, berapa uang muka yang harus dibayarkan, surat-surat dari rumah tersebut, gambar atau denah dari rumah tersebut. Ketiga adalah dengan membayar tanda jadi atau tanda booking sebagai bukti jika Anda memesan rumah tersebut untuk dibeli. Pastikan jika ada ketentuan atau tidak dari developer misalnya batas waktu pembayaran.

Keempat adalah Anda harus membayar uang muka KPR terlebih dahulu sehingga, sebelumnya Anda harus menyiapkan uang muka seperti 10-20% dari harga rumah tersebut sebelum akhirnya mengajukan pinjaman jangka panjang dengan KPR. Namun, untuk mendapatkan rumah tanpa DP, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:
  • Cari pengembang yang sedang melakukan promo seperti promp angsuran tanpa perlu menggunakan DP dan biasanya jenis promo ini diberikan untuk jenis rumah yang belum dibangun.
  • Memanfaatkan persaingan harga yang diberikan oleh developer. Perang harga sering terjadi di daerah pinggiran kota besar seperti memberikan potongan harga.
  • Melainkan penjual rumah jika Anda sungguh-sungguh untuk membeli rumah seperti menggunakan notaris agar penjual rumah tersebut lebih yakin.
Kelima adalah memilih kreditor yang akan Anda tuju. Bandingkan KPR yang ditawarkan oleh kreditor tersebut apakah mencukupi atau memiliki limit pinjaman sesuai dengan yang Anda butuhkan, tenor yang panjang, suku bunga yang rendah atau tidak, biaya lainnya yang dibebankan atau bahkan reputasi dari kreditor tersebut, apakah baik atau tidak. Pastikan jika jumlah cicilan dari kredit yang Anda ajukan tersebut tidak melebihi 30-40% dari gaji per bulan Anda. Perbaiki juga catatan kredit Anda terlebih dahulu termasuk catatan kartu kredit.

Keenam adalah siapkan dokumen yang dibutuhkan dan isi formulir pengajuan sesuai dengan data diri. Masing-masing kreditor yang menawarkan pinjaman jangka panjang memberikan ketentuan mengenai dokumen yang harus diserahkan ke bank sehingga bank dapat melakukan verifikasi dan menentukan apakah Anda layak untuk mendapatkan rumah tersebut atau tidak. Dalam verifikasi tersebut, bank tidak hanya akan melihat riwayat dari kredit yang pernah Anda lakukan misalnya kartu kredit namun juga legalitas dari rumah yang akan Anda beli tersebut. Apakah rumah tersebut lolos atau tidak memiliki masalah, atau rumah tersebut termasuk sebagai salah satu rumah yang masih dalam proses hukum misalnya karena sengketa lahan.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online