Thursday, 26 January 2017

Ajukan Pinjaman Dana BPKB Motor

Pinjaman dana BPKB motor
Pinjaman dana BPKB motor 

Kredit sering dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tertentu seperti untuk membayar pendidikan yang membutuhkan dana yang cukup besar. Kredit yang ditawarkan kreditor ada yang menggunakan agunan dan ada yang tidak perlu menggunakan agunan. Salah satu jenis agunan yang biasanya digunakan adalah BPKB motor. Pinjaman dana BPKB motor dapat diperoleh di kreditor tertentu yang menawarkan jenis pinjaman ini akan tetapi, tidak semua kreditor terpercaya karena tempat kredit tersebut dijadikan sebagai kedok penipuan.

Untuk mengajukan kredit dengan agunan BPKP motor, terdapat beberapa tempat yang dapat menjadi pilihan Anda sehingga aman dan terhindar dari penipuan. Pertama adalah bank. Bank tentunya sudah mendapatkan ijin. Masing-masing bank memiliki ketentuan tersendiri terkait dengan berapa jumlah limit yang dapat dipinjam atau diajukan oleh Anda sebagai kreditor namun juga berapa lama waktu pengembalian dari pinjaman tersebut. Besar jumlah dana yang dapat dipinjam tergantung juga dari besar nilai dari agunan atau jaminan yang Anda tawarkan misalnya jenis motor, semakin canggih atau mewah motor tersebut maka besar dana yang disetujui juga akan semakin besar.

Kedua adalah di tempat gadai. Umumnya, masyarakat dengan kondisi keuangan yang pas-pasan atau kelas menengah ke bawah memilih untuk melakukan pinjaman dengan cara menggadaikan BPKB motor di tempat gadai. Hal tersebut dikarenakan berbagai alasan, diantaranya yaitu:

  • Termasuk kreditor yang aman karena memiliki lembaga keuangan yang resmi dari pemerintah.
  • Menetapkan syarat yang ringan sehingga tidak memberatkan masyarakat yang mempunyai penghasilan yang pas-pasan.
  • Memiliki besar suku bunga yang ringan.
  • Lebih mudah dijangkau.

Ketiga adalah kreditor non bank seperti koperasi simpan pinjam. Koperasi simpan pinjam yang menawarkan fasilitas pinjaman dana BKPB motor umumnya telah terdaftar secara hukum sehingga aman untuk dijadikan tujuan untuk mengajukan kredit atau untuk menggadaikan BPKB motor. Syarat utama untuk dapat mengajukan pinjaman di koperasi simpan pinjam diantaranya yaitu:

  • Merupakan anggota atau calon anggota koperasi simpan pinjam tersebut.
  • Mengisi formulir pinjaman.
  • Melampirkan fotokopi KTP, suami istri jika sudah menikah.
  • Menyerahkan fotokopi KK, slip gaji, rekening listrik serta agunan seperti BPKB motor.

Selain koperasi simpan pinjam, terdapat pula BMT atau Baitul Maal Wat Tamwil yang merupakan lembaga keuangan mikro dengan prinsip bagi hasil. Umumnya, orang mengira jika BMT sama seperti bank syariah akan tetapi, BMT masih belum memiliki status dan menggunakan dasar perundang-undangan koperasi. Dengan kata lain, BMT adalah koperasi dengan mekanisme kerja yang berbeda seperti menggunakan syariah Islam. Untuk mengajukan kredit dengan agunan di BMT, syarat yang diajukan tidak jauh berbeda dengan koperasi simpan pinjam.

Keempat adalah menggunakan layanan keuangan online. Saat ini banyak situs atau website keuangan yang menawarkan kredit online baik tanpa agunan atau dengan agunan seperti BPKB motor. Jika mengajukan pinjaman dana BPKB motor di kreditor online, jumlah limit pinjaman lebih besar dan tenor lebih lama. Syarat yang diajukan oleh kreditor online juga lebih mudah walaupun limit pinjaman yang biasanya diberikan sekitar Rp 5 juta. Seperti kreditor konvensional, kreditor online juga menerapkan suku bunga serta tanggal jatuh tempo dan biaya keterlambatan yang dibebankan kepada debitor. Akan tetapi, karena menggunakan internet atau secara online, maka kredit di layanan keuangan online cenderung banyak yang menipu. Untuk mengatasinya, pilih jenis layanan keuangan online yang telah diakui oleh OJK atau otoritas jasa keuangan.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online