Wednesday, 14 December 2016

Cara Mengajukan Kredit Karyawan Swasta

kredit karyawan
kredit karyawan

Anda seorang karyawan yang sedang membutuhkan biaya tambahan untuk menutupi suatu kebutuhan. Bingung bagaimana cara mencari tambahan dana tersebut? Mau cari pinjaman ke saudara segan, mau cari pinjaman ke teman takut ditolak, serba salah jadinya bukan? Tenang, kini bagi Anda karyawan swasta yang sedang butuh dana, Anda dapat mengajukan pinjaman ke beberapa bank yang Anda kenal. Karena untuk saat ini beberapa bank telah memiliki dan melayani program kredit karyawan dengan bunga yang tergolong rendah.

Untuk dapat memperoleh program kredit tersebut dengan cepat dan mudah, ada baiknya Anda memilih sebuah bank dimana gaji Anda biasa dibayarkan. Dengan memilih bank tersebut, maka secara otomatis pihak bank telah mengetahui besaran pendapatan Anda setiap bulannya dan sirkulasi atau perputaran nilai pada tabungan Anda. Selain itu nantinya pihak bank akan dengan mudah melakukan pemotongan gaji Anda secara auto debit sesuai dengan kesepakatan awal sebelum dana dicairkan.

Program kredit bagi karyawan yang ada pada setiap bank, ada umumnya telah menjalin kemitraan dengan perusahaan tempat dimana seorang karyawan bekerja. Oleh karena itu ada baiknya sebelum Anda mengajukan pinjaman langsung kepada pihak bank, Anda menanyakan terlebih dahulu kepada petugas-petugas kantor yang berwenang menangani permasalahan pinjaman tersebut, agar Anda mendapatkan berbagai kemudahan dalam melengkapi persyaratan kredit.

Adapun kelengkapan persyaratan yang biasanya diminta dari pihak bank sebagai dokumen pelengkap dalam program kredit karyawan, antara lain adalah:

  • Kartu Identitas Diri.
  • Kartu Keluarga.
  • Surat Rekomendasi dari perusahaan yang ditandatangani oleh atasan langsung.
  • Slip Gaji atau Surat Keterangan penghasilan.
  • Surat pernyataan kesanggupan pemotongan gaji yang ditandatangani dan bermaterai.
  • Surat pernyataan berhutang yang ditandangani dan bermaterai.
  • Surat Kuasa pemotongan Gaji dari peminjam yang ditujukan kepada pihak perusahaan sebagai kuasa.
  • Buku tabungan dari Bank terkait.

Besar pinjaman yang dapat dicairkan oleh pihak Bank, biasanya bergantung dari besar gaji karyawan yang akan mengajukan pinjaman dengan kalkulasi pertimbangan hitung adalah besar cicilan tidak melebihi 30% dari besarnya gaji karyawan tersebut. Oleh karena itu jika Anda seorang karyawan yang akan mengajukan pinjaman, maka pertimbangkanlah serta pilihlah besar angsuran atau cicilan tiap bulan dengan nilai yang tidak melebihi 30% nilai pendapatan Anda, sehingga kemungkinan besar kredit Anda akan diterima pihak bank secara maksimal.

Pinjaman yang ditujukan untuk karyawan ini sebetulnya juga dapat Anda akses secara langsung kepada pihak bank tanpa harus melalui perusahaan, namun demikian biasanya pihak bank akan tetap meminta surat rekomendasi dari perusahaan yang menyatakan bahwa Anda memang betul-betul karyawan dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu akan menjadi lebih efektif jika pinjaman tersebut Anda kelola melalui perwakilan-perwakilan yang telah ditunjuk perusahaan.

Kredit karyawan swasta yang banyak ditawarkan oleh beberapa bank memang dapat memberikan solusi tersendiri bagi mereka yang membutuhkan. Namun ada baiknya jika Anda telah menikah, pertimbangkanlah dulu besar pinjaman dan cicilan yang harus Anda tanggung dengan istri atau suami Anda, karena nantinya tanda tangan istri atau suami akan dibubuhkan dalam dokumen perjanjian hutang piutang, sebagai bukti persetujuan dari nilai kredit yang diberikan oleh pihak bank. Selain sebagai bukti persetujuan tanda tangan tersebut juga merupakan bukti yang menyatakan bahwa mereka adalah ahli waris Anda yang akan menanggung sisa hutang dan cicilan kepada bank, jika suatu hal yang tidak diinginkan terjadi ada diri Anda.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online