Thursday, 22 December 2016

Beberapa Penyebab PHK di Perusahaan Startup

Penyebab PHK
Penyebab PHK

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya penyebab PHK. Salah satunya adalah kondisi ekonomi yang tidak stabil, khususnya di sebuah negara. Di Indonesia sendiri gelombang PHK sempat terjadi pasca pemilu Presiden. Namun, selalu ada cara untuk mengatasinya. Perusahaan startup seperti Go-jek dan beberapa kompetitornya adalah pembuka jalan untuk menghindari terjadinya pengangguran. 
Setelah melihat kesuksesan Gojek, maka dalam kurun waktu dua tahun terakhir, yaitu pada tahun 2015 dan 2016, bisnis startup sangat merajalela di Indonesia. Hampir setiap hari mulai bermunculan start up baru yang menawarkan banyak model bisnis menarik untuk berbagai kebutuhan banyak masyarakat. 

Selain itu, munculnya startup-startup baru ini juga membuat lapangan kerja semakin terbuka lebar untuk diikuti. Namun ironisnya menjelang akhir tahun 2016, beberapa startup Indonesia satu per satu mulai tumbang. Kabar kurang sedap pun mulai menghampiri, yaitu terjadinya gelombang PHK secara besar-besaran

Mulai dari YessBoss hingga SaleStock adalah dua nama yang begitu mencuat tentang banyaknya karyawan yang di PHK. Lalu, apa sebenarnya penyebab PHK yang mulai terjadi di beberapa startup di Indonesia saat ini? 

Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK merupakan pengakhiran hubungan kerja dari perusahaan dikarenakan suatu atau beberapa hal tertentu yang mengakibatkan selesainya hak dan kewajiban antara perusahaan dan pekerja. Hal ini pula yang cukup sering terjadi di beberapa perusahaan startup. 

Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya pengurangan karyawan di dalam perusahaan. Mulai dari manajemen yang belum siap, bahkan tidak jarang pada konflik atara Co-Founder di startup itu sendiri. Untuk mengetahui apa saja kira-kira penyebab terjadinya pemutusan hubungan kerja pada karyawan di perusahaan startup? 

  • Proses rekrutmen karyawan

Tidak jarang perusahaan startup terburu-buru melakukan proses perekrutan karyawan atau yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau prioritas perusahaan tersebut. Hasilnya beberapa pekerjaan yang seharusnya menjadi prioritas menjadi terbengkalai dan mempengaruhi proses seluruh pekerjaan dari startup itu sendiri. 

Ketika rencana-rencana yang sudah disiapkan akan dieksekusi maka hasil dari rencana itu pun tidak berjalan sukses. Imbasnya dana operasional pun mulai berkurang dan pemasukan untuk perusahaan pun tidak semibang. 

Tidak jarang ketika berada dalam kondisi seperti ini sebuah perusahaan pun mulai berpikir, untuk menjaga keseimbangan keuangan diperlukan sehingga beberapa karyawan pun terpaksa "diistirahatkan."

  • Terlalu banyak "bakar uang"

Mendapatkan pendanaan merupakan sebuah anugerah tersendiri bagi sebuah perusahaan. Berapa pun nilanya, pastinya akan memberikan keuntungan bagi sebuah startup. Tidak jarang pendanaan yang didapatkan dari investor ini digunakan untuk membiayai proyek marketing dari sebuah startup. Khusus di Indonesia, istilah ini cukup sering dikenal dengan "bakar uang."

Tujuan dari bakar uang ini diantaranya adalah mendapatkan perhatian dari konsumen, sehingga konsumen beralih menggunakan layanan dari sebuah startup. Semakin banyak konsumen menggunakan layanan tersebut, maka akan semakin bertambah pundi-pundi keuangan sebuah startup. 

Sayangnya rencana ini tidak selalu berlangsung mulus. Tidak jarang beberapa perusahaan startup jor-joran dalam mengeluarkan uang untuk membiayai rencana penjualan mereka. Namun, di satu sisi hasil akhirnya jauh dari target yang telah disepakati. 

Alhasil, tidak jarang satu tim misalnya marketing harus bubar di tengah jalan, serta membuat perusahaan startup pun harus mencari orang-orang baru untuk mengurusi penjualan mereka kepada konsumen. 

Secara kesleuruhan, masih banyak penyebab PHK di perusahaan lain yang sering terjadi pada sebuah perusahaan startup. Hal ini pun bergantung pada majemen dan bagaimana sebuah perusahaan menciptakan atmosfer yang positif di antara karyawannya. 

Selain itu faktor leadership seorang pemimpim seperti Co-Founder, CEO dan berbagai jabatan penting lainnya untuk menghimpun kekuatan mereka dan membangun sebuah dinamika positif di dalam sebuah startup. 



No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online