Thursday, 6 October 2016

Biaya Kuliah Kedokteran Bisa Didapatkan dengan Cara Ini


Menempuh pendidikan di bidang kedokteran tentu saja menjadi impian siapa saja. Wajar saja prospek lulusan kedokteran ternyata sangat cerah. Misalnya saja bisa menjadi dokter secara langsung, membuka praktek sendiri hingga menjadi dosen pengajar pendidikan kedokteran. Cerah sekali bukan? Jadi jangan heran jika banyak orang tua yang berlomba-lomba untuk mendaftarkan buah hati mereka ke jurusan ini. Tapi ada salah satu permasalahan yang dialami ketika akan masuk ke jurusan ini. Apalagi jika bukan biaya kuliah kedokteran yang begitu mahal.

Mahalnya biaya ini tentu tidak lepas dari berbagai macam peralatan yang dibutuhkan selama praktek. Sudah bukan rahasia lagi jika aneka peralatan medis modern sangatlah mahal. Belum lagi bahan praktek yang digunakan oleh mahasiswa kedokteran juga kian mahal. Nah, mungkin hal ini perlu sekali diperhatikan bagi Anda yang berniat mendaftarkan buah hati ke fakultas kedokteran. Namun jangan khawatir karena ada berbagai sumber biaya kuliah bagi buah hati yang bisa dipilih. Apa sajakah itu?

Beasiswa

Beasiswa menjadi sumber biaya pertama yang bisa diperoleh jika ingin masuk ke fakultas kedokteran. Beasiswa berasal dari berbagai macam sumber seperti pemerintah, yayasan, bahkan sampai pihak kampus sendiri. Tapi untuk mendapatkan beasiswa ini tentu bukan perkara mudah. Karena calon mahasiswa harus melalui berbagai macam seleksi. Mulai dari seleksi kecerdasan hingga seleksi kemampuan finansial. Selain itu peluang untuk mendapatkan biaya kuliah kedokteran dari jalur beasiswa juga sangat tipis. Mengingat banyak sekali pendaftarnya yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia.

Tabungan

Tabungan menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mendaftarkan buah hati masuk ke fakultas kedokteran. Tapi besar tabungan yang Anda butuhkan tentu tidak bisa dipenuhi hanya dengan semalam atau dua malam saja. Anda harus mulai menabung jauh-jauh hari sebelumnya. Tips supaya Anda berhasil menabung adalah seperti berikut:
  • Ikuti tabungan berjangka sehingga Anda hanya bisa mengambil setiap beberapa waktu sekali.
  • Sisihkan paling tidak 20% dari pendapatan untuk menabung.
  • Jika tabungan mulai banyak, alihkan ke deposito agar keuntungannya bisa bertambah.

Asuransi

Bagi beberapa kalangan, asuransi pendidikan tentu sangat penting. Wajar saja lewat asuransi pendidikan inilah mereka bisa mewujudkan impian buah hati untuk menjadi dokter. Resiko mengikuti asuransi pendidikan tentu saja Anda harus membayar premi tiap bulannya. Besarnya premi tentu saja berbeda-beda tergantung dari dari jenis paket asuransi pendidikan yang dipilih. Namun sebelum memutuskan untuk mengikuti asuransi, mungkin ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan dahulu.

Kredit

Cara terakhir untuk memenuhi dana pendidikan fakultas kedokteran adalah lewat kredit. Memang tak masalah meminjam dana untuk biaya pendidikan. Tapi sebaiknya tetap mengontrol diri agar besar dana pendidikan yang dipinjam tetap sesuai dengan kemampuan Anda dalam melunasi. Sebab jika hal ini tidak diperhatikan tentu saja akan membuat Anda terjebak pada kredit yang menggunung tinggi.

Tapi terlepas dari biaya kuliah kedokteran yang ada sebaiknya Anda tetap memperhatikan minat dan bakat buah hati. Pastikan buah hati Anda benar-benar berminat dan berbakat untuk masuk ke dunia kedokteran tersebut. Jika memang tidak tertarik sebaiknya jangan dipaksakan karena bisa membuat buah hati menjadi tertekan. Namun jika buah hati memang tertarik tentu saja Anda harus menyiapkannya sedini mungkin. Tidak cuma biaya tapi mental dan kecerdasan buah hati juga perlu disiapkan.


No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online