Wednesday, 14 September 2016

Yuk Ikut Program Tax Amnesty Sekarang


Laporan pajak untuk usaha Anda masih belum beres? Mungkin saja ada aset yang belum dilaporkan? Atau ada yang Anda sengaja simpan di luar negeri? Hal ini biasanya akan membuat Anda kena masalah dengan Direktorat Jenderal Pajak (Dirjen Pajak), yang membuat Anda harus terkena sanksi. Namun sekarang ini Anda bisa membereskan semua hal tersebut dengan bebas resiko melalui pengertian tax amnesty atau amnesti pajak.

Di tahun 2016 ini, pemerintah semakin menggalakkan amnesti untuk pajak ini demi menarik kembali aset-aset Wajib Pajak yang ada di luar negeri untuk kembali ke Indonesia. Biasanya ini disebabkan karena di negara-negara lain seperti Singapura, ada kebebasan pajak yang membuat pengusaha merasa lebih diuntungkan. Dengan adanya amnesti pajak ini, pemerintah memberikan pengampunan dari menghapus pajak yang terutang, administrasi pajak, dan bahkan menghapus sanksi pidana.

Tapi tak hanya para pengusaha besar yang memiliki aset di luar negeri saja yang bisa memanfaatkan amnesti pajak. Selama Anda adalah Wajib Pajak, Anda berhak untuk mengikuti program ini. Namun Anda mungkin merasa bingung karena tak tahu ke mana harus melakukannya, apalagi bagi pengusaha kecil. Sekarang, Anda tak perlu bingung, karena Anda bisa mendapatkan jawabannya di bawah ini.



Pertama, Anda harus datang menuju Kantor Pelayanan Pajak atau tempat lain yang sudah ditentukan untuk menyerahkan Surat Pernyataan yang menjadi syarat tax amnesty. Informasi tentang isi dan kelengkapan dokumen ini adalah sebagai berikut:
  • Bukti pembayaran untuk Uang Tebusan.
  • Bukti lunas Tunggakan Pajak (jika Wajib Pajak punya tunggakan pajak).
  • Daftar harta dan informasi kepemilikan tentang harta yang rinci.
  • Daftar hutang dan dokumen-dokumen pendukungnya.
  • Bukti lunas pajak yang tidak dibayar/kurang jika Wajib Pajak (WP) sedang dalam proses         pemeriksaan penyidikan/bukti permulaan.
  • Fotokopi SPT PPh yang paling akhir.
  • Surat pernyataan untuk mencabut semua permohonan yang sudah diajukan ke Dirjen Pajak.
  • Surat pernyataan untuk mengalihkan serta melakukan investasi harta/aset di dalam              Indonesia minimal 3 tahun, dihitung sejak repatriasi bagi WP.
  • Surat pernyataan untuk tidak mengalihkan/investasi harta/aset ke luar Indonesia selama        minimal 3 tahun sejak repatriasi.
  • Surat pernyataan tentang besar peredaran usaha untuk UMKM.

Sudahkah Anda melengkapi semua itu? Pastikan Anda sudah memiliki semua hal tersebut, ditambah dengan bukti-bukti yang relevan (sertifikat rumah, rekening bank, dll). Lalu setelahnya, Anda bisa melanjutkan proses amnesti pajak dengan langkah berikut:
  • Sampaikan semua Surat Pernyataan, berkas-berkas, dokumen, dan bukti ke Kantor Pelayanan Pajak ataupun tempat lain di mana Anda terdaftar sebagai Wajib Pajak.  
  • Anda akan menerima tanda terima berupa Surat Pernyataan.
  • Surat Pernyataan yang Anda berikan ke Kantor Pajak tersebut akan diproses dalam waktu maksimal 10 hari kerja. Anda kemudian akan menerima Surat Keterangan Pengampunan Pajak.
  • Kalau dalam waktu 10 hari kerja Anda belum menerima Surat Keterangan Pengampunan Pajak, maka Surat Pernyataan yang Anda serahkan sebelumnya dianggap diterima.
  • Anda sebagai Wajib Pajak akan diberikan kesempatan untuk bisa menyampaikan Surat Pernyataan ke Kantor Pajak sebanyak maksimal 3 kali demi mengikuti tax amnesty. Dengan catatan, Anda melakukannya sebelum tanggal 31 Maret 2017. Surat Pernyataan yang kedua maupun ketiga bisa Anda berikan ke Kantor Pajak sebelum maupun sesudah Surat Keterangan dari pejabat pajak diberikan kepada Anda.

Setelah sempat dilakukan di tahun 2004 dan tak memberikan hasil yang diinginkan, sekali lagi pemerintah menerapkan tax amnesty di Indonesia di tahun 2016. Program yang juga berarti amnesti atau pengampunan pajak ini merupakan kebijakan yang akan menghapuskan segala bentuk pajak yang terutang, sanksi administrasi, dan berbagai sanksi pidana lain yang sebenarnya harus diterima oleh Wajib Pajak karena kelalaian atau tidak membayar pajak dengan benar. Sebagai imbalannya, maka para Wajib Pajak tersebut akan diberikan tarif pajak yang lebih rendah.



Melihat pengertian dari amnesti pajak tersebut, bisa dimengerti kenapa banyak kontroversi yang muncul darinya. Tujuan utama pemerintah menerapkan amnesti pajak pada tahun ini adalah menarik kembali aset-aset yang selama ini disimpan para Wajib Pajak di luar negeri untuk dikembalikan ke Indonesia. Dengan ini, diharapkan pemerintah akan mendapatkan peningkatan dalam pendapatan lewat pajak, dan mendorong investor untuk masuk ke dalam.

Dari berbagai bidang, banyak suara setuju dan penolakan disebutkan. Beberapa yang sangat menyetujui tax amnesty ini diberlakukan menyatakan bahwa dengan ini, Indonesia akan mendapatkan keuntungan seperti:
  • Menaikkan pendapatan pemerintah
  • Pengampunan pajak akan membuat dana dan aset yang tadinya di luar negeri kembali keIndonesia. 
  • Jika makin banyak yang kembali, maka pendapatan pemerintah lewat pajak juga akan meningkat. Bahkan menarik Wajib Pajak yang baru. Naiknya pendapatan juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki infrastruktur negara,
  • Kesempatan menarik investor luar ke Indonesia


Banyak peristiwa internasional yang terjadi di tahun 2016 seperti Inggris yang memindahkan diri dari Uni Eropa. Perekonomian di negara berkembang pun kena dampaknya, termasuk Indonesia. Investor beralih ke negara-negara lain, dan pemerintah berhasil memasukkan dana luar sebanyak Rp97 trilyun, semua karena amnesti pajak.
  • .       Mata uang Rupiah menguat

Semakin banyaknya stimulus bagi perekonomian Indonesia, maka diharapkan juga mata uang Rupiah akan semakin kuat terhadap Dolar AS. Inflasi pun juga bisa diturunkan.

Tentu saja, seperti juga semua keputusan yang dibuat pemerintah sebelumnya, keputusan tentang pemberlakuan amnesti pajak juga tak disambut secara positif total. Ada banyak pihak yang juga menekankan adanya banyak lubang di kebijakan pemerintah tersebut, dan banyaknya kesempatan untuk menyalahgunakan amnesti pajak ini. Jika hal tersebut dibiarkan saja, dampak negatif yang justru akan muncul.



Banyaknya pendapat kontra tentang pengampunan pajak ini di antaranya adalah karena hal-hal di bawah ini:
  • Tidak adil bagi Wajib Pajak yang lain.
  • Dengan menghapuskan berbagai sanksi untuk para Wajib Pajak (WP) yang sebelumnya tak mematuhi aturan.
  • WP yang selama ini rajin membayar akan merasa situasi tak adil. Ini justru bisa membuat WP yang baik memilih mengemplang pajak.
  • Membuat pemerintah terlihat lemah
  • Pemerintah terkesan lemah dalam menindak pengemplang pajak. Amnesti pajak dianggap sebagai permohonan pemerintah untuk WP nakal yang bakal merasa di atas angin dan bisa berlaku seenaknya.
  • Implementasi yang harus diperbaiki
  • Masih banyak soal teknis tentang amnesti pajak yang harus diperbaiki. Misalnya ketegasan pemerintah menindak pelanggar pajak, aturan yang lebih jelas dan efektif, dan lain-lain.

Kedua sisi pro dan kontra di atas memiliki alasan mereka sendiri, dan keduanya adalah alasan yang kuat. Terlepas dari itu, tax amnesty memang kebijakan yang akan menimbulkan dampak bagi perekonomian Indonesia, positif ataupun negatif. Bagi Anda yang selama ini belum beres dalam soal perpajakan, ini saatnya bagi Anda untuk memulai lagi lembaran baru dan membereskan semua masalah pajak Anda. Klik di sini untuk informasi pajak lebih lengkap.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online