Monday, 19 September 2016

Peminjaman Uang Tanpa Agunan Tercepat


Ada banyak sekali jenis pinjaman yang saat ini sedang tren di Indonesia, mulai dari yang paling mudah seperti peminjaman uang tanpa agunan hingga yang menggunakan jaminan. Dari kedua jenis ini tentu yang pertamalah yang paling banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini. Bukan tanpa alasan, jenis pinjaman seperti ini terbilang mudah dan tidak merepotkan bagi calon nasabahnya. Pasalnya, tanpa harus memiliki aset yang nilainya jutaan, nasabah tetap bisa mengajukan pinjaman ke pihak bank. Sementara jenis yang kedua, nasabah harus terlebih dahulu memiliki jaminan baik beruapa harta berjalan atau pun tidak bergerak.

Meski sama-sama menawarkan kemudahan, sejatinya kedua jenis pinjaman ini memiliki segmentasi pasar yang berbeda satu sama lain. Pinjaman tanpa jaminan misalnya, yang lebih banyak ditawarkan oleh lembaga finansial bernuansa Fintech. Pinjaman jenis ini cenderung lebih cepat cair tapi nominal yang ditawarkan biasanya kecil. Sebab, pihak penyedia keuangan juga menyadari akan adanya high risk high return pada jenis pinjaman ini. Jika dana yang digelontorkan cukup besar maka dikhawatirkan NPL juga akan tumbuh lebih besar, sementara perbankan tidak menyimpan jaminan. Tentu hal seperti ini menjadi momok yang sangat menakutkan.

Sementara jumlah pinjaman yang kecil pada pinjaman tanpa agunan apapun tidak terlalu membuat khawatir para penyedia pinjaman. Sebab, jumlah pinjaman yang kecil tidak memberi potensi kepada calon nasabah untuk terlibat pada situasi hutang piutang yang lebih serius. Selain itu, penyedia keuangan juga tidak terlalu takut akan NPL, sebab nilai pinjaman tersebut masih bisa diperhitungkan. Bahkan, dalam beberapa kasus ada nasabah yang disuruh mencicil uang pinjaman, meskipun dalam peraturan biasanya tidak ada kesepakatan mencicil. Namun, penyedia layanan tersebut tentu tidak mau menanggung rugi. Oleh karena itu, terkadang opsi yang kurang populis terpaksa harus diambil.
Selalin pada kedua lembaga yang telah disebutkan di atas, ada juga penyedia pinjaman yang bersifat individu. Jasa keuangan seperti ini biasanya agak riskan. Sebab, tidak dilindungi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga dapat menimbulkan potensi masalah seperti menaikkan suku bunga secara sepihak dan bisa jadi timbul masalah finansial serius lainnya. Jasa keuangan seperti ini cukup mudah kita jumpai di daerah dan perkotaan. Jika tidak terpaksa, sebaiknya menghindar dari penyedia pinjaman seperti ini.

Yang paling mengungtungkan sebenarnya adalah pinjaman yang langsung berasal dari keluarga sendiri seperti adik, kakak atau sepupu. Pinjaman ini tentu berdasarkan asa kekeluargaan dan tidak ada suku bunga yang mencekik seperti layanan keuangan swasta. Hanya saja terkadang agak sulit mencari layanan pinjaman dari saudara. Terlebih, jika nominal yang dibutuhkan terbilang besar. Namun demikian, jika kerabat atau saudara anda memiliki harta yang berlimpah tentu tidak menutup kemungkinan. Yang terpenting, anda harus menunjukkan komitmen untuk memabayr hutang tepat pada waktunya dan sesuai dengan perjanjian saat anda mengajukan pinjaman tersebut.


Pinjaman yang anda dapatkan harus digunakan sesuai dengan kebutuhan pada awal anda meminjam. Hindari kebutuhan konsumtif seperti belanja dan foya-foya. Hal tersebut untuk mencegah anda terlibat dalam urusan hutang-piutang. Begitu anda mendapatkan uang dari penghasilan bulanan, maka sebaiknya langsung transfer uang tersebut untuk membayar pinjaman sebelum digunakan untuk hal yang tidak produktif.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online