Tuesday, 13 September 2016

Hutang Dalam Islam Menjadi Berkah


Hutang dalam Islam memang dilarang namun dalam keadaan terdesak tentu saja dapat diperbolehkan. Akan tetapi usahakan apabila Anda memiliki hutang segera untuk melunasinya. Sehingga usahakan apabila Anda memiliki hutang mulailah dari sekarang untuk memikirkan bagaimana cara mengembalikannya. Hal ini karena sangat berat hukumannya apabila hutang ditangguhkan bahkan hingga apabila jatah hidupnya di dunia sudah habis. Untuk itu apabila Anda ingin mengetahui apa saja kiat yang sebaiknya dilakukan agar hutang ini menjadi berkah.

Beberapa kiat yang sebaiknya dilakukan yaitu:

  1. Tidak meminta hasil
Usahakan apabila Anda memberikan hutang atau pun meminta pinjaman dari orang lain. Mulailah yang tidak mendapatkan manfaat dari hutang tersebut. Hal ini karena apabila mendapatkan manfaat berupa keuntungan yang bersifat materi bisa dikategorikan sebagai riba. Kecuali apabila yang memberikan adalah seseorang yang mendapatkan pinjaman. Misalnya saja diberikan bingkisan atau kado atas pertolongan yang diberikan tersebut diperbolehkan.

  1. Adanya saksi
Dalam memberikan hutang ada baiknya menggunakan saksi yang netral dari kedua belah pihak dan juga bukti tertulis. Sehingga apabila dilakukan penagihan hutang dengan meminta kembali dana yang sudah dipinjamkan akan menjadi lebih kuat. Penghutang tidak akan bisa memungkiri apa yang sudah dipinjam. Bahkan apabila jumlah yang diharapkan banyak akan memberikan kemungkinan untuk diselesaikan di mata hokum yang berlaku di Negara tersebut.

  1. Memiliki niat melunasinya
Saat Anda menjalani pembayaran hutang usahakan untuk memiliki niat mengembalikan bagi hutang dalam Islam yang berkah. Dengan demikian apabila Anda sudah memiliki rejeki saat menjalani pekerjaan. Tentu saja diharapkan akan segera dikembalikan baik dalam berupa cicilan yang sesuai dengan kesepakatan. Namun apabila Anda meminjam uang tetapi tidak ada niat untuk mengembalikan pastilah bukan menjadi hal yang maksimal dan tidak mendapatkan berkah.

  1. Melunasi dengan cara yang baik
Diberikan pinjaman bisa dikatakan sebagai pertolongan meskipun hal itu adalah hutang. Sehingga ada baiknya apabila Anda mendapatkan pinjaman mulailah mengembalikan dengan cara yang baik. Cara yang direkomendasikan adalah datang dengan menggunakan pakaian terbaik yang dimiliki. Ucapkan salam sebelum masuk ke dalam rumah dan bersikap dengan sopan. Beritahukan maksud kedatangan dari orang yang member pinjaman mengenai pengembalian hutang tersebut.

  1. Penangguhan
Apabila pihak peminjam belum sanggup untuk mengembalikan pinjaman. Ada baiknya pihak pemberi pinjaman tersebut memberikan penangguhan pembayaran. Apabila hal ini dilakukan maka menjadi akhlak yang terpuji. Selain itu akan membantu dalam mendapatkan kemudahan untuk menerima naungan pada hari kiamat. Dengan demikian usahakan untuk melakukan penangguhan pembayaran yang dilakukan. Sehingga naungan tersebut datang kepada Anda sebagai pertolongan yang diberikan Allah SWT.

  1. Tidak memberikan denda
Apabila tanggal jatuh tempo sudah lewat usahakan tidak memberikan denda kepada peminjam. Jika cara ini dilakukan tentu saja merupakan riba yang sebaiknya tidak dijalani. Takutlah kepada Allah dengan tidak melakukan pemberian denda. Hal ini karena hutang diberikan kepada orang yang kesulitan. Sehingga apakah Kita tega apabila memberikan denda kepada orang yang sedang mengalami kesusahan tersebut.

  1. Meminta dengan cara yang baik

Dengan memberikan hutang apabila ada tetangga atau saudara yang Kita kenal merasakan kesulitan. Terlebih apabila Anda mampu melakukannya pastilah Anda sudah memiliki jiwa yang baik dan berlapang dada. Namun apabila Anda menagihnya tentu saja harus dilakukan dengan menjalani cara yang benar. Misalnya saja dengan menagih dengan cara yang baik sebagai mana memberikan hutang dalam Islam. 

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online