Tuesday, 23 August 2016

Ini Syarat Pinjaman di Bank Syariah Mandiri


Tidak sedikit masyarakat yang berharap dapat memiliki pinjaman KTA dari bank syariah Mandiri. Bunga yang kecil dan tenor yang panjang menjadi salah satu alasan mengapa KTA ini begitu diminati oleh masyarakat. Berdasarkan data yang berhasil kami himpun, selama kuarter 2015 lalu saja ada 2000 orang yang mengajukan pinjaman di bank berplat merah tersebut. Meski demikian, tidak semua calon nasabah dari jumlah tersebut dapat disetujui pinjamannya. Tentunya pihak bank memiliki alasan tersendiri mengapa ada beberapa aplikasi yang terpaksa harus ditolak. Salah satunya adalah untuk menghindari kredit macet. Klik di sini untuk mendapatkan pinjaman syariah.

Pinjaman uang dari bank syariah biasanya memiliki dua tipe. Pertama, adalah yang menggunakan jaminan dan kedua yakni dengan tanpa jaminan. Bank Indonesia sendiri sudah pernah mengeluarkan klausul bagi semua calon nasabah agar berhati-hati dengan jenis pinjaman dengan menggadaikan aset tertentu. Terlebih, jika aset tersebut bernilai fantastis dimana selalu ada kemungkinan tindakan penyalahgunaan dan kerugian pada salah satu pihak. Entah yang memberikan pinjaman atau pihak peminjam.

Saat ini banyak juga sebenarnya bank syariah dengan cita rasa konvensional. Sebab, umumnya perbankan konvensional tidak lagi menggunakan jaminan untuk pinjaman uang. Aneh jika bank yang sudah bernuansa syariah justru masih harus menyerahkan aset tertentu. Meski demikian, keunggulan produk pinjaman pada bank jenis ini adalah rendahnya suku bunga yang ditawarkan ketimbang bank yang bernuansa konvensional atau pun lembaga non perbankan, baik yang online atau pun yang tidak. 

Di luar negeri sendiri sebenarnya konsep pinjaman tanpa agunan sudah lama diaplikasikan, nasabah tetap diperbolehkan mengajukan sejumlah pinjaman tanpa harus memiliki aset yang bernilai. Sementara di Indonesia pinjaman seperti ini sepertinya masih terdengar asing dan jarang ditemukan. Sementara dalam islam, sebuah transaksi akan disebut syah ketika terjadinya ijab kabul antara si pembeli dan penjual, tidak disebutkan adanya jaminan. Artinya, pinjaman tersebut sebenarnya syah-syah saja selama terjadi ijab kabul antara kedua belah pihak yang melakukan transaksi finansial fisik tersebut.

Sebagian pihak justru masih banyak yang mempertanyakan otentisitas bank syariah dan produk pinjaman yang ditawarkan. Bisa jadi, ada kedok tertentu di balik nama Syariah yang kerap digadang-gadang oleh pihak perbankan. Sebab, di dalam produk yang ditawarkan masih banyak sekali yang bernuansa konvensional dan justru jauh dari nilai-nilai keislaman. Bahkan, terkadang ada juga yang menerapkan sistem yang lebih komplek sehingga hanya ada sedikit nasabah yang tertarik menggunakan jasa dari bank tersebut. Umumnya, nasabah bergabung lantaran pihak bank bekerjasama dalam pendistribusian gaji atau yang kini lebih akrab disebut dengan payrol.

Di luar dilematika yang terjadi, setidaknya ada bank yang bisa anda andalkan untuk urusan pinjaman. Syarat pinjaman bank syariah mandiri lainnya yang perlu anda ketahui adalah dengan melengkapi syarat KTP dan slip gaji. Pastikan saat anda mengajukan pinjaman tersebut, anda sedang tidak memiliki permasalahan finansial dengan bank lain atau pun kredit macet yang sudah lama tidak terbayarkanss. Bank tentunya akan mengecek semua aspek yang berhubungan dengan history finansial anda selama ini. Tuntaskan terlebih dahulu masalah tersebut baru ajukan pinjaman. 

Meski bernuansa Islam, namun bukan berarti syarat pinjaman bank syariah mandiri harus juga sesama muslim. Meski anda non muslim anda tidak perlu khawatir karena tetap bisa mendapatkan pinjaman dengan nominal yang sama. Syariah hanya sebuah konsep perbankan, calon nasabah tidak mesti harus juga sama-sama berkonsep syariah. Sebenarnya, pertama kali bank syariah muncul justru di negara asing yang mayoritas penduduknya justru non muslim. Setelah fenomena ini populer di negara tersebut barulah banyak sekali bank konvensional di Indonesia yang bertransformasi menjadi bank syariah.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online