Wednesday, 13 July 2016

Penggunaan yang Tepat Kredit Usaha Kecil


Salah satu produk perbankan adalah kredit usaha kecil, produk ini memang diperuntukkan bagi masyarakat golongan bawah dalam membantu mengembangkan usaha mereka sehingga dapat berkembang dan menjadikan hidup mereka layak. Pemberian kredit biasanya dengan syarat-syarat yang sama namun sasaran pencairannya adalah masyarakat kecil yang ingin mengembangkan kegiatan ekonomi mereka apakah hal itu untuk berdagang, beternak maupun bertani. Pengajuan ini yaitu dengan datang langsung ke kantor bank di daerah mereka.

Dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat kecil melalui cara memberikan modal tambahan sebagai cara untuk mengembangkan kegiatan usaha mereka baik dari segi kapasitas maupun kualitasnya. Alasan inilah yang menjadikan masyarakat untuk kembali memperhatikan tujuan dari kredit tersebut, berikut ini adalah tips dalam menggunakan kredit usaha tersebut dengan baik sehingga bermanfaat dan juga sesuai tujuan:
  • Kredit untuk mengembangkan usaha

Pihak bank memberikan kredit dengan tujuan untuk digunakan dalam usaha, baik itu beternak, berdagang maupun bertani.
  • Sebagai modal tambahan

Pencairan kredit oleh bank harus digunakan untuk keperluan sesuai pengajuan, yaitu sebagai tambahan modal dalam melakukan usaha.

Kebiasaan masyarakat yang konsumtif justru membuat kredit ini tidak efektif, dana kredit yang cair justru sebagian atau bahkan sebagian besar digunakan hanya untuk sesuatu hal yang konsumtif. Hal inilah yang akhirnya membuat kredit yang dilakukan justru menjadi belenggu ekonomi bagi masyarakat kecil karena penggunaannya yang kurang tepat. Pastikan keseluruhan dari kredit tersebut tidak ada yang digunakan untuk sesuatu hal yang konsumtif.

Pelatihan dan juga pendampingan setelah kredit rumah tanpa DP dicairkan tentunya harus dilakukan, hal ini dilakukan agar kredit usaha kecil dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk masyarakat kecil terutama di desa- desa. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh debitur atau yang mengajukan kredit setelah kredit yang diajukan tersebut disetujui dan dicairkan oleh pihak bank dengan baik atau untuk suatu hal yang bermanfaat seperti berikut ini:
  • Membeli barang dagangan
  • Gunakan dana kredit yang sudah cair untuk membeli atau menambah barang dagangan.
  • Membeli alat perlengkapan

Sebaiknya digunakan untuk membeli peralatan pendukung kerja sehingga kerja semakin mudah dan hasil yang optimal.

Menggunakan dana kredit untuk membeli barang dagangan untuk mengisi toko kelontong misalnya, maka kredit dapat terealisasikan dengan baik. Begitu juga jika digunakan untuk membeli mesin diesel, mesin bajak, atau peralatan untuk pendukung peternakan seperti obat-obatan hewan dan juga makanan ternak akan membuat kredit yang diterima menjadi optimal dan akhirnya dapat meningkatkan taraf hidup debiturnya.

Mengatur setiap penggunaan dana kredit dalam memastikan tidak ada sepeser pun uang hasil pinjaman bank yang digunakan untuk suatu hal yang konsumsi merupakan langkah yang tepat dan juga benar. Dengan hitungan atau pembukuan yang mendetail maka pinjaman akan menjadi lebih efektif. Berikut ini adalah tips lain agar kredit dari bank lebih bermanfaat melalui penggunaannya:
  • Membelanjakan dana kredit
  • Belanjakan sebagian besar uang kredit dan sisanya gunakan untuk membayar angsuran
  • Lakukan perhitungan secermat mungkin
  • Catat semua belanja yang menggunakan dana kredit tersebut dalam sebuah pembukuan secara transparan.

Pada saat dana dari kredit usaha kecil sudah dicairkan sepenuhnya, maka gunakan dengan bijak semua dana tersebut. Gunakan dana tersebut untuk keperluan yang seharusnya namun sisakan beberapa guna sebagai uang darurat saat tidak mampu membayar angsuran setiap bulannya. Selain itu perhitungan yang cermat dengan menggunakan pembukuan yang benar akan membuat kredit yang sudah dicairkan menjadi lebih bermanfaat sesuai dengan fungsi dan tujuan diberikannya.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online