Monday, 11 July 2016

Manfaatkan Diskon Bunga Pinjaman Uang Tunai


Bisa membayar pinjaman uang tunai secepatnya adalah hal yang diinginkan debitur. Namun kadang kala ada saja halangan terjadi dan membuat hal ini sulit dilakukan. Salah satunya adalah salah timing, yaitu mengambil pinjaman saat suku bunga sedang tinggi-tingginya. Akibatnya, Anda pun stuck di suku bunga tersebut dan harus membayarnya sampai lunas. Di sinilah, Anda bisa memanfaatkan diskon bunga pinjaman.

Diskon tersebut, sesuai dengan namanya, adalah diskon untuk memotong suku bunga yang harus Anda bayar. Dengan adanya potongan bunga, Anda diharapkan akan bisa membayar lebih cepat. Ini terutama berlaku untuk lembaga pembiayaan seperti Uang Teman, yang memberlakukan bunga per hari dan tenor maksimal 30 hari karena berurusan dengan hutang jangka pendek. Memakai contoh dari Uang Teman lagi, dalam situasi normal, Anda biasanya dikenakan suku bunga mencapai 1% setiap harinya. Dengan diskon, suku bunga akan kurang dari itu, bisa 0,9%, bisa sampai 0,75%. Meski kelihatannya tak seberapa, ini bakal sangat membantu membayar lebih cepat. 

  • Berbicara tentang membayar pinjaman uang tunai secara singkat, di samping menggunakan diskon bunga pinjaman, Anda juga bisa memanfaatkan cara berikut:
  • Buat anggaran keuangan
  • Hal pertama yang harus dilakukan ketika berhutang, yaitu mendata pendapatan dan pengeluaran Anda perbulannya, dan membuat daftar inventaris tentang aset Anda.
  • Kurangi pengeluaran rutin
  • Anda akan kaget dengan banyaknya uang yang bisa dihemat dengan mengurangi hal-hal remeh, misalnya rokok. Katakanlah Anda membeli rokok 4 bungkus/minggu, masing-masing Rp10.000,00/bungkus. Itu berarti Rp40.000,00/minggu, dan Rp160.000,00 per bulan! Dana ini bisa Anda tambahkan untuk membayar hutang Anda dulu.
  • Jual barang berharga
  • Kalau Anda memang terpaksa harus membayar dengan cepat, maka menjual barang-barang yang Anda miliki adalah solusinya. Ini gunanya membuat data inventaris di atas, Anda jadi tahu apa saja aset Anda.
  • Pakai tabungan
  • Jika sudah terpaksa sekali, dan Anda tak memiliki sumber dana yang lainnya untuk sementara, maka Anda bisa menggunakan tabungan Anda untuk menutupi angsuran pinjaman tanpa jaminan bulan ini.

Hal yang jelas adalah, ketika Anda memiliki hutang, jadikan pembayaran hutang tersebut sebagai prioritas Anda. Jangan sampai Anda menunda membayar pinjaman uang tunai pribadi tersebut, karena jika di ulur-ulur, Anda justru akan kena pinalti, dan beban yang harus Anda bayar semakin banyak. Inilah kenapa beberapa lembaga seperti Uang Teman memberikan diskon untuk bunga, supaya Anda bisa membayar lebih dengan dana yang sudah Anda miliki sekarang ini, dan tidak menunggu lagi. Kalau perlu, buat rekening khusus yang menampung dana untuk membayar hutang Anda tersebut, yang otomatis akan diambil ketika sudah saatnya jatuh tempo.
Ingat pula, meski Anda sudah mendapatkan keringanan dalam bentuk diskon bunga, Anda perlu menghindari hal berikut ini:

  • Terlambat membayar - Anda sudah menyepakati tanggal jatuh tempo, jangan langgar ini kalau Anda tak mau membayar denda.
  • Hutang untuk bayar hutang - kebiasaan gali lubang tutup lubang ini bakalan membuat Anda tak bisa tidur nyenyak karena dikejar-kejar terus.
  • Menghamburkan uang - seperti yang sudah dikatakan di atas, jadikan hutang sebagai prioritas Anda, dan jangan gunakan uang sembarangan saja sebelum lunas.

Dengan melakukan cara-cara di atas, ditambah dengan diskon bunga pinjaman uang tunai, maka Anda tak perlu khawatir tidak mampu melunasi hutang Anda. Bahkan bisa dibilang hal ini sangatlah tak mungkin, apalagi mengingat kalau Anda memenuhi syarat untuk meminjam, yaitu mempunyai pekerjaan tetap dan gaji yang cukup. Dengan sedikit usaha dan berhemat, Anda akan bisa membayar hutang Anda dengan cepat.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online