Monday, 18 July 2016

Gadai Sertifikat Rumah untuk Mengajukan Pinjaman


Salah satu jenis pinjaman yang Anda kenal tentu saja pinjaman dengan jaminan. Dimana jaminan di dalam pinjaman ini umumnya berupa sertifikat. Baik itu sertifikat tanah maupun rumah. Oleh karena itu tidak heran jika banyak orang yang kemudian rela untuk mengambil tindakan gadai sertifikat rumah di saat membutuhkan dana tunai untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Setelah mereka berhasil mengajukan pinjaman menggunakan jaminan tersebut kemudian kewajiban mereka adalah segera melunasi pinjaman dan mengambil kembali sertifikat yang digadaikannya.

Tujuan dari penggadaian sertifikat sebagai jaminan pinjaman sendiri adalah untuk mencegah adanya kredit macet dari debitur pada bank yang bersangkutan. Sementara untuk ketentuan yang terlebih dahulu harus Anda penuhi ketika ingin mengajukan pinjaman dengan bekal jaminan sertifikat akan berbeda antara bank yang satu dengan bank lainnya. Namun sebagian besar memang berhubungan dengan usia minimal yang umumnya harus sudah mencapai 21 tahun, memiliki penghasilan bulanan yang tetap, dinyatakan mampu mengangsur cicilan pinjaman seperti yang telah disepakati bersama maupun memenuhi syarat yang ditetapkan bank.

Bukan hanya ketentuan umum saja yang harus Anda perhatikan ketika ingin mengajukan pinjaman yang mengharuskan Anda merelakan sertifikat sebagai bentuk jaminannya. Karena Anda masih perlu mengumpulkan sekaligus menyerahkan beberapa dokumen penting yang mendukung bahwa Anda bisa dipercaya memegang dana pinjaman yang bank berikan seperti:

1. Fotokopi KTP calon nasabah.
2. Fotokopi Kartu Keluarga.
3. Fotokopi NPWP (pinjaman di atas Rp 50 juta).
4. Slip gaji asli.
5. SK pegawai (asli), disahkan pimpinan.
6. Fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir.
7. Sertifikat rumah.

Sebenarnya mengapa gadai sertifikat rumah dipilih sebagai agunan yang paling dipercaya oleh bank? Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya sangat sederhana. Karena hal ini berhubungan dengan jumlah dana pinjaman dari pengajuan nasabah. Secara umum dana pinjaman yang dibutuhkan memiliki nominal yang sangat besar, oleh karena itulah dibutuhkan pula jaminan dengan harga yang setimpal dengan jumlah pinjaman yang diinginkan. Selain itu, sertifikat pula yang menentukan berapa besarnya dana pinjaman yang bisa Anda terima menggunakan jaminan tersebut.


Hingga saat ini gadai sertifikat rumah sebagai jaminan pinjaman memang dirasa yang paling tepat. Meski hal ini hanya berdasarkan pada pemikiran Anda sendiri yang sudah terlanjur mendoktrin bahwa saat pengajuan pinjaman akan lebih mudah untuk mendapatkan persetujuan dari pihak bank saat Anda menggunakan sertifikat sebagai bentuk jaminannya. Padahal setelah menyerahkan sertifikat Anda dituntut untuk lebih bekerja keras agar dapat membayar lunas semua pinjaman atau hutang Anda di bank hingga kemudian sertifikat yang sudah Anda gadaikan kembali lagi ke tangan Anda. Tentunya jangan sampai sertifikat dan aset Anda melayang hanya karena Anda lalai dan tidak mampu untuk melunasi pinjaman.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online