Monday, 18 July 2016

Daftar Terbaru Biaya Transfer Antar Bank di Indonesia



Kegiatan transfer dana merupakan salah satu aktivitas perbankan yang tentunya cukup sering untuk Anda lakukan. Transfer sendiri merupakan layanan yang diberikan oleh pihak bank guna memindah sejumlah dana tertentu yang disesuaikan dengan pemberi amanat serta ditujukan guna memberikan keuntungan pada seseorang yang ditunjuk sebagai penerima dana transfer tersebut. Transfer bank sendiri bukan hanya dapat dilakukan antar rekening dari perbankan yang sama, namun juga transfer antar rekening bank berbeda. Dimana biaya transfer antar bank di Indonesia ini berbeda-beda sesuai dengan kebijakan dari masing-masing bank.

Biaya transfer antar bank umumnya dilakukan melalui ATM dan dapat juga melalui ATM Prima maupun ATM bersama. Sebagai bahan informasi, jaringan ATM bersama hingga saat ini beranggotakan 82 bank yaitu BRI, BNI, Mandiri, Bank Panin, CIMB Niaga, Bank Danamon dan Bank Permata. Sedangkan untuk jaringan ATM Prima anggota mencapai 57 bank antara lain meliputi BNI, BCA, BRI, Mandiri dan juga CIMB Niaga. Selain transfer melalui ATM, dapat juga dilakukan melalui internet atau yang lebih dikenal dengan istilah Internet Banking maupun SMS/ mobile banking.

Dengan adanya sarana transfer melalui internet atau internet banking ini tentu saja akan membuat Anda lebih mudah melakukan transfer dana kapanpun dan dimanapun. Namun hal ini hanya dapat digunakan oleh nasabah dari bank-bank yang memang sudah menerapkan sistem perbankan secara online atau yang dikenal sebagai online banking. Nasabah yang menggunakan fasilitas ini juga tidak akan terpengaruh oleh aturan transfer bank yang diberlakukan melalui RTGS. Sebab transfer antar bank yang dilakukan hanya menggunakan fasilitas transfer online.

Pada dasarnya transfer online ini dapat digunakan dalam melakukan transfer antar rekening bank yang sama maupun berbeda. Termasuk juga bank yang ada dalam cakupan jaringan ATM bersama seperti Bank Mandiri, BRI dan BRI Syariah, OCBC NISP, CIMB Niaga, BII, Bank Danamon, Bank Mega, Bank Bukopin, Bank Panin, Bank Permata, BTN serta beberapa bank lainnya. Waktu yang dibutuhkan transfer online untuk sampai di rekening tujuan tentunya real-time dengan biaya yang umumnya ada dibawah Rp 10.000 saja.


Adapun biaya transfer antar bank di Indonesia beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Bank BNI menetapkan biaya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 30.000.
2. Bank BCA menerapkan biaya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 30.000.
3. Bank Mandiri menerapkan biaya mulai dari Rp 3.500 hingga Rp 15.500.
4. Standard Chartered Bank menerapkan biaya mulai dari Rp 7.500 hingga Rp 30.000.

Perbedaan biaya tersebut sangat bergantung pada sistem transfer yang dipilih dan juga nominal dana yang akan ditransfer. Untuk masing-masing bank rata-rata menerapkan tarif yang cukup mahal ketika transfer dilakukan melalui RTGS.

No comments:

Post a Comment

About us

Sambilnongkrong merupakan situs keuangan online yang getol memberikan perkembangan finansial di tanah air. Informasi yang akurat dan faktual menjadi identitas kami.

Like Us

https://www.facebook.com/jasapeminjamanuang/

Contact us

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keuangan
Designed By pinjaman uang Published.. Bisnis online